Mirae Prediksi BI Rate Dipertahankan 3,5 Persen

22 Juli 2021 04:04 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. / Facebook @BankIndonesiaOfficial

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan keputusannya terkait dengan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) pada Kamis, 22 Juli 2021. Ini merupakan pengumuman rutin yang dilakukan oleh otoritas tiap pekan.

Ekonom Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Anthony Kevin memperkirakan bahwa BI akan mempertahankan tingkat suku bunga acuan berada pada level 3,5%. Setidaknya hingga pengumuman pekan berikutnya.

“Terlepas dari proyeksi kami atas performa ekonomi Indonesia yang relatif lemah memasuki kuartal-III 2021, kami memperkirakan bahwa tingkat suku bunga acuan akan dipertahankan di level 3,5 persen,” ujarnya melalui riset harian yang diterima Trenasia.com, Rabu, 21 Juli 2021.

Ia menjelaskan, proyeksi tersebut seiring dengan ekspektasinya bahwa BI akan memilih bermain aman untuk meredakan tekanan jual terhadap rupiah yang terjadi belakangan ini. Pascamenguat di sepanjang April – Mei 2021, rupiah kemudian diterpa tekanan jual yang signifikan memasuki bulan ini.

Lebih lanjut, Anthony memaparkan IHS Markit telah mengumumkan PMI Manufaktur Indonesia untuk periode Juni 2021 berada pada level 53,5 sekaligus menandai ekspansi selama 8 bulan beruntun. 

“Namun begitu, ekspansi aktivitas manufaktur Indonesia pada bulan lalu merupakan ekspansi terlambat dalam periode 3 bulan,” papar dia.

Sementara itu, indeks keyakinan konsumen terpantau naik, tapi penjualan barang-barang ritel tumbuh melambat sepanjang Juni 2021. Hal ini sesuai dengan ekspektasinya bahwa data ekonomi yang berkaitan dengan konsumsi akan segera melemah pascakenaikan yang signifikan pada bulan April dan Mei.

Berita Terkait