Miliarder Hedge Fund, Ray Dalio, Buka Kantor di Singapura

November 29, 2020, 09:00 AM UTC

Penulis: GND

Singapura/The Straits Times)

JAKARTA – Ray Dalio, miliarder pendiri Bridgewater Associates, membuka kantor keluarga di Singapura untuk menjalankan investasi dan filantropinya di kawasan.

Juru bicara Bridgewater Associates mengatakan, Dalio telah lama menjalin hubungan dengan Asia dan Singapura. Ia merasa ini adalah waktu yang tepat untuk membuka kantor keluarga di sana.

“Selama tiga dekade terakhir [dia] memiliki hubungan yang sangat baik di Singapura dan China. Dia menyukai dan mengagumi keduanya dan senang dengan apa yang terjadi di wilayah tersebut,” kata juru bicara tersebut dilansir dari Bloomberg, Jumat, 27 November 2020.

Dalio ialah pemimpin bisnis paling kaya terbaru yang membuka kantor keluarga di Singapura. Kekayaan bersihnya lebih dari US$15 miliar.

Sebelumnya, pada 2019 taipan penyedot debu Weybourne Group Ltd. James Dyson meningkatkan perekrutan. Sementara Shu Ping, salah satu miliarder di belakang Haidilao International Holding Ltd., rantai restoran hotpot China, membuka Sunrise Capital Management di Singapura tahun lalu.

Kantor keluarga adalah perusahaan khusus yang didirikan untuk mengelola keuangan pribadi rumah tangga terkaya di dunia. Dari investasi pribadi dan kegiatan filantropi hingga struktur kepercayaan dan pengaturan sehari-hari.

Sekitar 200 kantor keluarga diperkirakan mengelola aset senilai sekitar US$20 miliar di Singapura. Kantor tersebut juga digunakan untuk mendanai pekerjaan amal.

Bulan lalu, Dalio mengumumkan hibah US$25 juta bagi penyedia pendidikan dan penelitian Wealth Management Institute Ltd. untuk membantu melatih pembuat kebijakan dan profesional investasi di Singapura.

Bridgewater yang berbasis di Westport, Connecticut, mengelola sekitar US$148 miliar, menjadikannya pengelola dana lindung nilai (hedge fund) terbesar di dunia.