Meski Sudah Diblokir Twitter, Elon Musk Justru Aktifkan Kembali 6 Akun Kontroversial Ini

23 November 2022 22:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Meski Sudah Diblokir Twitter, Elon Musk Justru Aktifkan Kembali 6 Akun Kontroversial Ini (instagram.com/elonmusk)

JAKARTA - Sejak Twitter diakuisisi oleh Elon Musk, ia telah memulai membuat kebijakan kontroversial lainnya di media sosial tersebut, seperti membatalkan blokir pada akun-akun yang sebelumnya telah diblokir atau dilarang pada situs tersebut.

Bahkan, sebelum mengambil alih Twitter, Elon Musk menjelaskan bahwa salah satu fokus utamanya adalah kebebasan berbicara. Sebagai bagian dari tujuan itu, ia menyarankan agar akun yang sebelumnya diblokir dapat diizinkan untuk aktif kembali ke platform tersebut.

Elon Musk sebelumnya telah menyarankan bahwa keputusan moderasi ini akan melalui keputusan dewan terlebih dahulu. Meski begitu tidak diketahui apakah perubahan kebijakan baru ini memang melalui proses tersebut.

Meski begitu, beberapa akun Twitter yang saat ini telah diaktifkan dan memiliki akses ke akun lagi justru menolak untuk kembali, termasuk mantan presiden Donald Trump. Akan tetapi, akun Twitter yang lain tampak memanfaatkan status baru mereka dan memposting tweet perayaan setelah kembali diaktifkan.

Meski begitu, masih ada banyak akun Twitter yang tetap ditangguhkan atau diblokir, termasuk Alex Jones yaitu bintang TV kontroversial yang menurut Elon Musk tidak pernah ia izinkan untuk kembali ke platform tersebut usai komentar Jones tentang kematian anak-anak.

Berikut daftar akun Twitter terkenal yang sebelumnya diblokir dan kini telah aktif lagi.

Daftar Akun yang Diblokir Twitter Tapi Sekarang Aktif Kembali

1. Donald Trump

Akun Twitter Donald Trump telah diblokir dari Twitter sejak Januari 2021 karena dikhawatirkan akan memicu munculnya kekerasan. Meski sudah diaktifkan kembali, Donald Trump ternyata belum memposting apapun dan mungkin tidak melakukannya. Hal ini mungkin karena ia lebih suka berkomunikasi lewat Truth Social.

2. Kathy Griffin

Akun Twitter Kathy Griffin ditangguhkan awal bulan November ini ketika ia mengubah gambar profil dan username-nya menjadi Elon Musk, dan memposting sejumlah tweet seolah-olah seperti Elon MUsk. 

Unggahan Kathy Griffin merupakan kampanye yang lebih luas untuk memprotes kepemilikan Elon Musk dan menunjukkan masalah verifikasi identitas pada situs tersebut. 

Meski begitu, Elon Musk dengan cepat melarangnya dan mengatakan bahwa akun yang menyamar sebagai orang lain secara eksplisit menentukan bahwa mereka melakukannya sebagai parodi. Saat ini akun Kathy Griffin sudah kembali aktif tapi seperti Donald Trump, sepertinya ia tidak ingin kembali menggunakannya.

3. Jordan Peterson

Jordan Peterson merupakan seorang akademisi dan penulis yang telah diblokir dari twitter usai menolak menggunakan nama yang benar untuk aktor Elliot Page. Jordan Peterson diberi sanki di bawah aturan kebijakan ujaran kebencian di Twitter. 

Namun, tidak seperti griffin dan Trump, Peterson justru memanfaatkan kembali aktifnya akun Twitter miliknya. Ia juga telah memposting secara produktif sejak ia mendapatkan kembali akunnya dan mengucapkan terima kasih kepada Elon Musk.

4. The Babylon Bee

Akun Twitter berita satir konservatif The Babylon Bee diblokir sejak bulan Maret usai memposting tweet yang salah mengenai asisten Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Rachel Levine. Sejak saat itu, akun tersebut telah menggunakan akunnya seperti sebelumnya dengan memposting tautan reguler ke artikelnya.

5. Andrew Tate

Bintang dan kickboxer kontroversial, Andrew Tate ini senang karena akunnya telah diaktifkan lagi oleh Elon Musk. Beberapa bulan terakhir Andrew Tate memang terbukti kontroversial yang membuatnya juga diblokir dari platform lainnya seperti YouTube.

6. Kanye West

Akun Twitter rapper dan desainer tersebut dikunci bulan lalu akibat mengirimkan tweet anti semit yang kontroversial. Pada 21 November 2022 lalu, akun Twitter Kanye West mengirimkan tweet baru yang tampaknya mengindikasikan bahwa ia telah kembali ke platform tersebut. 

Itu tadi beberapa daftar akun Twitter yang sebelumnya ditangguhkan atau diblokir Twitter namun saat ini justru diaktifkan kembali oleh Elon Musk.

Berita Terkait