Merawat Sepatu Kulit Itu Gampang, Ini Caranya

JAKARTA – Sepatu kulit menjadi salah satu fashion item yang dimiliki banyak orang.  tidak hanya terlihat berkelas dari segi penampilan, sepatu kulit asli juga memang terbilang mahal untuk harganya.

Selain itu sepatu kulit memerlukan perhatian khusus untuk perawatannya. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara merawat sepatu kulit kesayangannya. Karena jika tidak dirawat dengan benar, sepatu kulit bisa lebih cepat rusak daripada waktu seharusnya.

Meskipun membutuhkan banyak treatment khusus, ternyata merawatnya tidaklah sulit. Berikut sedikitnya ada 10 cara merawat sepatu kulit agar lebih awet, disitat dari Kamini, Sabtu, 26 September 2020.

1.      Melepas tali sepatu

Cara pertama adalah dengan melepas tali sepatu jika memang memilikinya. Melepas tali sepatu menjadi langkah awal yang penting. Hal ini untuk mencegah tali terkena kotoran, kondisioner, dan semir. Lakukan perawatan yang terpisah antara sepatu dan tali.

Tali bisa dengan mudah dibersihkan seperti pada pencucian bahan kain lainnya. Untuk lebih maksimal, bisa terlebih dahulu direndam dalam air sabun sebelum mencucinya. Selanjutnya pastikan tali sepatu kering sempurna sebelum kembali dipasang dan digunakan.

2.      Bersihkan kotoran kering

Langkah selanjutnya sebelum membersihkan sepatu kulit menggunakan air adalah dengan membersihkan kotoran kering yang menempel pada sepatu seperti debu, kerikil, atau lumpur kering. Cara membersihkannya dengan sikat berbulu halus agar tidak merusak permukaan kulit serta meninggalkan jejak gores yang tidak akan terlihat bagus.

Untuk yang berbahan suede, bisa menggunakan sikat pembersih khusus untuk bahan suede. Tetapi, untuk kulit halus dari kulit sapi, cukup dibersihkan dengan kain dengan serat halus. Pembersihan ini untuk mempermudah dan mengoptimalkan langkah selanjutnya.

3.      Menyeka sepatu

Setelah sepatu bersih dari kotoran kering, selanjutnya adalah menyeka sepatu. Langkahnya adalah mencelupkan kain ke dalam air, peras hingga tidak lagi menetes, lalu tuangkan sabun atau cairan pembersih khusus sepatu kulit.

Selanjutnya adalah gosokkan kain ke semua permukaan sepatu. Jika sedang bepergian dengan mengenakan sepatu kulit, cara membersihkannya bisa diganti menggunakan tisu basah khusus bayi.

Tisu basah ini akan menggantikan step di atas dengan lebih rendah risiko, karena tisu basah bayi memiliki kandungan kimia yang tidak merusak kulit serta memiliki serat tisu yang halus.

4.      Mengeringkan sepatu

Setelah diseka dengan kain basah, sepatu kulit harus dikondisikan kering lagi seperti semula. Pastikan permukaan sepatu kulit kering sempurna dan bebas residu dari aciran pembersih yang semula digunakan.

Untuk proses pengeringannya, cukup ditaruh diletakkan di ruang terbuka yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Hindari menjemur sepatu di dekat tempat yang bersuhu panas seperti di belakang kulkas, kipas AC, oven, kompos, dan sebagainya.

5.      Berikan kondisioner

Untuk melakukan tahap ini, pastikan sepatu kulit sudah dalam kondisi kering sempurna. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk menyelesaikan seluruh rangkaian perawatan sepatu kulit kesayangan, dengan tujuan mendapatkan hasil yang maksimal.

Fungsi kondisioner adalah memberikan kelembapan pada sepatu. Cara penggunaannya, gosokkan kondisioner dengan sikat atau lap khusus, gosok dengan gerakan memutar.

6.      Menyemir sepatu

Semir sepatu adalah langkah terakhir, fungsinya untuk memberikan kilap yang sehat pada sepatu kulit. Selain itu, semir sepatu juga melindungi permukaan sepatu.

7.      Rutin mengganti sepatu

Selain serangkaian perawatan di atas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu merawat sepatu kulit. Salah satunya adalah dengan secara rutin mengganti septu. Hindari menggunakan sepatu kulit yang sama tiap hari.

8.      Hindari terkena air

Sebisa mungkin, hindari terkena air seperti air hujan atau genakan air di kubangan jalan. Sering terkena air, terlebih tidak langsung dibersihkan akan membuat pertumbuhan jamur di sepatu kulit menjadi meningkat.

9.      Gunakan sendok sepatu

Penggunaan sendok sepatu adalah untuk menghindari sepatu tertekuk atau bahkan terinjak saat mengenakan atau melepas sepatu. Dengan ini sepatu akan lebih awet karena struktur sepatunya tidak berubah.

10.  Pakai pengganjal sepatu

Selain sendok sepatu, ada lagi alat yang bisa membantu, yaitu pengganjal sepatu. Fungsinya untuk mempertahankan bentuk sepatu ketika sedang tidak dipakai.

Tags:
cara merawat sepatu kulitmencuci sepatu kulitsepatu kulittips merawat sepatu kulit
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: