Menperin: Vaksinasi COVID-19 Gairahkan Dunia Usaha

March 07, 2021, 05:28 PM UTC

Penulis: Ananda Astri Dianka

Tenaga medis menunjukkan vaksin yang digunakan saat vaksinasi massal tahap kedua untuk karyawan dan tenant di Mal Tangerang City, Tangerang, Banten, Senin 1/3/2021 Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dapat membangkitkan kembali gairah usaha dan kepercayaan bisnis bagi para investor atau pelaku industri di Tanah Air.

Hal ini disampaikannya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di lingkungan Kementerian Perindustrian, Sabtu, 6 Maret 2021.

“Dimulainya vaksinasi bisa menjadi kunci pendorong dalam pemulihan ekonomi dan industri di Indonesia,” kata Agus.

Menurutnya, program vaksinasi ini memberikan perlindungan awal terhadap virus corona bagi para pegawai yang kesehariannya bekerja atau berinteraksi dengan publik.

“Ini juga berkaitan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan suasana nyaman di lingkungan kementerian dan lembaga. Agar para pegawainya bisa bekerja lebih baik dan lebih optimal,” tuturnya.

Apalagi, Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu ujung tombak dan berperan penting untuk melaksanakan agenda pemerintah, khususnya mengakselerasi pembangunan nasional di sektor industri.

“Mudah-mudahan dalam tiga hari selesai divaksin, harapannya mereka akan lebih bisa memacu diri, tidak lagi perlu khawatir terhadap serangan pandemi,” imbuhnya.

Agus pun kembali mengingatkan terhadap pentingnya untuk disiplin menjalankan 3M yakni Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan). Seiring dengan vaksinasi yang terus dilakukan sebagai bagian program nasional dari upaya pengendalian pandemi COVID-19.

Kendati vaksinasi memunculkan suasana kebatinan yang positif untuk pegawai di Kemenperin, tetapi ia menegaskan tetap tidak boleh abai terhadap pandemi.

Pelaksanaan vaksinasi bagi para pegawai di lingkungan Kemenperin ini telah melalui sejumlah tahapan. Mulai dari pendaftaran, screening oleh petugas kesehatan, hingga pemberian vaksin dan observasi setelah vaksin selama 30 menit.

Target keseluruhan yang akan divaksin selama tiga hari sebanyak 2.674 orang yang terdiri dari pegawai yang bertugas di satuan-satuan kerja Kemenperin di wilayah DKI Jakarta.