Menkominfo Targetkan Seluruh Wilayah 3T Terhubung Jaringan 4G pada 2022

12 Agustus 2021 19:47 WIB

Penulis: Laila Ramdhini

Menteri Kominfo Johnny G. Plate

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menargetkan seluruh wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia akan terhubung dengan jaringan 4G pada 2022.

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan koordinasi dan pembiayaan yang baik dengan berbagai pihak.

"Jaringan 4G ini harus ada di seluruh Indonesia sebagai negara kepulauan untuk menunjang transformasi digital," kata Johnny dikutip dari Antara, Kamis, 12 Agustus 2021.

Sementara itu, untuk wilayah di luar 3T yang belum terhubung jaringan 4G, Johnny mengatakan, telah berkoordinasi dengan beberapa operator selular untuk membangun daerah-daerah komersial tersebut yang terdiri atas 3.435 desa dan kelurahan.

Data Kominfo mencatat sebanyak 9.113 desa dan kelurahan di wilayah 3T belum terjangkau oleh jaringan 4G. Sehingga secara keseluruhan terdapat 12.548 desa dan kelurahan di Tanah Air yang belum bisa menikmati jaringan 4G.

Sebanyak 70.670 desa dan kelurahan sudah terhubung dengan jaringan 4G dari total 83.218 desa dan kelurahan di Indonesia.

Menurut Jhonny, perluasan jaringan 4G menjadi tulang punggung dalam mendukung transformasi digital di dalam negeri, terutama di tengah COVID-19 yang saat ini melanda seluruh dunia.

"Tetapi, pada saat yang sama kita tidak bisa menghindari perkembangan teknologi baru dan tidak boleh tertinggal dari adopsi teknologi baru," ucap dia.

Berita Terkait