Menkeu: Pertumbuhan Ekomoni di Seluruh Wilayah RI Catat Kinerja Positif pada Kuartal I-2022

24 Mei 2022 16:31 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Laila Ramdhini

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Trenasia/Ismail Pohan)

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2022 mencapai 5,01% secara tahunan (year-on-year/yoy). Pertumbuhan ini juga dialami oleh beberapa provinsi di seluruh deerah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan kinerja ekonomi di berbagai provinsi mengalami peningkatan di awal tahun ini. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan pertama tahun ini yang cukup merata.

“Yang bagus tentu dari pertumbuhan kuartal satu ini adalah cukup merata di seluruh sektor di seluruh daerah,” kata Menkeu dikutip dari situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Selasa, 24 Mei 2022.

Selain itu, ia menyebut tidak hanya Pulau Jawa saja yang menunjukkan pertumbuhan di atas 5%, tetapi juga daerah Sulawesi juga menunjukkan pertumbuhan yang sama yakni mencapai 5,3%. Bahkan pertumbuhan ekonomi Maluku dan Papua mencapai 10,75%.

Sementara itu, wanita yang akrab dipanggil Ani ini juga kembali mengungkapkan adanya pemulihan ekonomi di daerah Kalimantan yang juga ikut menunjukkan kinerja positifnya mencapai 3,21%. Kemudian, Bali dan Nusa Tenggara mulai menunjukkan pemulihan pada level 3,42%. Adapun daerah Sumatra yang juga tumbuh positif meski masih di level 4%.

“Ini menggambarkan bahwa komoditas yang membaik dan juga dari sisi pertumbuhan antardaerah menggambarkan adanya pemulihan yang cukup merata,” tutup dia.

Berita Terkait