Saham Tesla Melonjak 13 Persen dalam 4 Hari

03 Agustus 2021 11:30 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Mobil Tesla (Istimewa)

JAKARTA - Saham produsen mobil listrik Tesla melonjak hingga 5 persen pada Senin, 2 Agustus 2021. Kenaikan ini menjadikan nilai saham Tesla naik mejadi 13 persen dalam kurun waktu 4 hari.

Pada 29 Juli 2021, saham Tesla hanya berada di angka US$650 per lembar saham. Nilai ini terus merangkak naik hingga pada 2 Agustus harga sahaM Tesla tembus ke harga US$716 per lembar saham.

Mengutip dari Bussines Insider, naiknya harga saham Tesla disebabkan oleh kinerja positif pada kuartal kedua tahun ini. Pada periode tersebut, Tesla berhasil menjual 201.250 unit kendaraan. Sebagian besar permintaan tersebut dilakukan dari pabrik Cina.

Seperti diketahui, angka pengiriman yang kuat menjadi hal yang baik bagi Tesla. Pasalnya, Tesla telah mempertaruhkan sebagian besar bisnisnya di wilayah tersebut karena dengan cepat beralih ke kendaraan listrik.

Saat ini, Pabrik Tesla di Shanghai telah memproduksi Model Y dan Model 3 untuk pasar Asia-Pasifik dengan kapasitas produksi nyaris 500.000 kendaraan setiap tahun.

Tahun ini, Tesla juga meraup keuntungan hingga US$1,4 miliar atau setara dengan Rp16,5 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dollar AS).

Melihat potensi tersebut, tampaknya inilah yang membuat investor mengabaikan kekhawatiran akan tindakan regulasi yang meningkat dari Beijing karena penjualan mobil listrik terbukti terlalu kuat untuk dipadamkan.

Sebagai Informasi, penjualan Tesla di China mewakili 30% dari total penjualannya di kuartal kedua. Sementara itu, pabrik Shanghai China menghasilkan 45% dari total produksi Tesla untuk tiga bulan yang berakhir 30 Juni. 

Berita Terkait