Mengenal Fintech P2P Lending Resmi: DanaDidik, Kredit Online untuk Mahasiswa

January 05, 2021, 09:11 AM UTC

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Kredit Online DanaDidik / Facebook @danadidikID

JAKARTA – DanaDidik adalah platform financial technology peer-to-peer lending (fintech P2P lending) yang dikembangkan oleh PT Pasar Dana Teknologi. Perusahaan pinjaman online (pinjol) satu ini berfokus pada pembiayaan pendidikan mahasiswa Indonesia.

DanaDidik telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dengan nomor registrasi S-700/NB.213/2018. Perusahaan juga telah terverifikasi dan resmi tergabung sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Dilansir dari laman resmi DanaDidik, 4 Januari 2021, total pendanaan yang terlasurkan sebesar Rp6,4 miliar dengan total 583 peminjam yang berhasil dibiayai serta 54 pinjaman siap didanai. Sedangkan, persentase tingkat keberhasilan bayar pada hari ke-90 (TKB90) di DanaDidik berada pada level 97,52%.

Calon peminjam (borrower) perorangan bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp100.000 hingga Rp40 juta dengan pilihan tenor 12, 18, atau 24 bulan. Bunga pinjaman yang dikenakan tergantung dari hasil credit scoring. Namun, OJK telah memberikan batas maksimal bunga sebesar 0,8% per hari bagi industri fintech P2P lending.

Sementara, bagi borrower institusi bisa mengajukan pinjaman mulai Rp50 juta hingga Rp2 miliar dengan jenis pinjaman melalui pilihan agunan atau tanpa agunan. Tenor yang ditawarkan mulai dari 12 bulan sampai 36 bulan.

Pada platform fintech lending satu ini, para pendana alias lender bisa memilih calon peminjam yang akan didanai melalui daftar kampanye. Profil borrower tersaji, mulai dari status pendidikan, jumlah pinjaman, tenor pinjaman, dana yang terkumpul, hingga masa pendanaan. Namun sayang, status risiko pendanaan tidak ditemui dalam platform ini.

Lender bisa memulai pendanaan mulai dari Rp100.000 dengan penawaran imbal hasil hingga 21% dari tiap dana yang tersalurkan. Penyaluran dana bisa ditujukan kepada borrower yang berada pada daftar kampanye maupun dalam bentuk donasi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Dana Abadi Pelajar.

Perusahaan ini didirikan dan dipimpin oleh Dipo Satria R selaku CEO dan Co-Founder. Sedangkan, posisi Chief Technology Officer (CTO) ditempati Januar Sudharsono, dan Kikih Darsono sebagai Chief Operating Officer (COO). Dewan Komisaris DanaDidik yakni Eka Ginting dan Catherine Kusmawan. (SKO)