Mengenal Fintech P2P Lending: DanaBagus, Pinjol Khusus Kebutuhan Mahasiswa

JAKARTA – PT Dana Bagus Indonesia (DanaBagus) merupakan financial technology peer-to-peer lending (fintech P2P lending) yang fokus pada pembiayaan kebutuhan pendidikan dan penunjang mahasiswa, seperti uang kuliah, buku, gadget, tempat tinggal, hingga kendaraan.

Platform pinjaman online (pinjol) satu ini telah terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-1115/NB.213/2018. Danabagus juga telah tergabung menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Untuk pengajuan pinjaman awal, peminjam (borrower) dapat mengajukan pinjaman hingga Rp300.000. Syaratnya hanya dengan melampirkan identitas peminjam seperti KTP dan KTM, nomor induk mahasiswa dan nomor rekening bank pribadi.

Selain itu, borrower yang khusus dikhususkan bagi mahasiswa ini juga dapat mendapatkan pinjaman dengan plafon yang lebih tinggi hanya dengan melengkapi data tambahan berupa foto KTP orang tua/wali.

Jika memenuhi syarat tersebut, peminjam dapat mendapatkan akses peminjaman terhadap tiga produk. Yang pertama, pinjaman reguler dengan plafon pinjaman hingga Rp2 juta dan proses pencairan paling lambat 30 hari.

Yang kedua pinjaman siaga, yakni produk pinjaman tunjangan kuliah dengan plafon pinjaman sebesar Rp2 juta. Proses persetujuan dan pencairan dana dilakukan secara langsung (realtime) dan akan diproses maksimal 2×24 jam.

Lalu yang terakhir pinjaman UKT yang menawarkan plafon pinjaman hingga Rp15 juta. Untuk program ini akan diproses setelah pengajuan disetujui oleh pemberi dana (lender) maksimal 30 hari.

Pendanaan di DanaBagus dapat dimulai dari Rp100.000 hingga Rp15 juta yang mencakup biaya kuliah, kebutuhan alat pendukung kuliah, termasuk kendaraan dan tempat tinggal. Sedangkan tenor yang ditawarkan mulai dari 71 hari sampai dengan 181 hari.

Berdasarkan laman resminya, tingkat keberhasilan bayar pada hari ke-90 (TKB90) di DanaBagus mencapai 100% per Minggu 18 Oktober 2020. Sementara itu, tidak disebukan besaran imbal hasil yang ditawarkan kepada lender. (SKO)

Tags:
AFPIAsosiasi Fintech Pendanaan Bersama IndonesiaDanaBagusFintech P2P Lendingkredit onlinekuliahmahasiswaMengenal Fintech P2P Lendingojkotoritas jasa keuanganpinjaman onlinePinjolpinjol resmiPT Dana Bagus IndonesiaUang Kuliah
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: