Mengenal CryptoKitties, Game NFT untuk Jual Beli Kucing Digital

20 Januari 2022 10:30 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Rizky C. Septania

game NFT CryptoKitties (https://www.cryptokitties.co/)

JAKARTA - CryptoKitties adalah game NFT (Non-Fungible Token) berbasis Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi jual-beli kucing digital. 

CryptoKitties merupakan satu di antara sekian game seperti halnya Axie Infinity yang mengusung konsep play to earn dan mempersilakan para penggunanya untuk memiliki aset dalam bentuk NFT kucing digital.

Dikutip dari situs resminya, CryptoKitties adalah salah satu game berbasis blockchain pertama di dunia yang bahkan lebih dulu muncul sebelum Axie Infinity yang tengah populer.

Dalam game tersebut, pengguna bisa mengoleksi kucing yang disebut Cryptokitty. Setiap kucing memiliki sifat yang berbeda-beda dan terepresentasikan pada penampilan dan perilakunya.

Pengguna juga bisa mengembangbiakkan kucing digital yang dimiliki untuk mendapatkan keturunan dan memperoleh atribut yang cukup langka jika beruntung. 

Keturunan dari kucing yang dipasangkan oleh pengguna akan dipengaruhi oleh genom 256-bit milik orang tuanya dan ditentukan juga  berdasarkan probabilitas.

Sebagai aset NFT, kucing digital pada game CryptoKitties tidak bisa diduplikat, diambil orang lain, atau dihancurkan. Setiap kucing digital yang ada pada game itu memiliki keunikannya tersendiri dan pihak pengembang menyediakan 4 miliar variasi genetik dalam game-nya.

Dalam kolom QnA, pengembang CryptoKitties mengatakan bahwa mereka tidak sedang mencoba membangun masa depan dengan game tersebut, melainkan hanya untuk bersenang-senang dengan kemungkinan futuristik akan perkembangan aset mata uang kripto.

Mereka memilih kucing karena dianggap sebagai hewan yang cukup populer dan dapat memicu respon yang tidak lazim bagi manusia.

Buktinya, Meski dikenal sebagai hewan yang sebenarnya memandang manusia lebih rendah dan berpikir bahwa mereka adalah majikan dari orang yang memelihara mereka, pada faktanya kucing tetap menjadi salah satu hewan yang disayangi banyak orang.

"Kucing adalah hewan yang unik. Mereka aneh, lucu, dan sangat menghibur. Anda tidak perlu memahami kucing untuk menghargai mereka,” tulis pihak pengembang dalam keterangannya.

Pihak pengembang pun menegaskan bahwa CryptoKitties bukan dirancang untuk pengguna yang berharap mendapatkan kekayaan instan karena pada dasarnya game itu dibuat untuk bersenang-senang melalui fitur yang disediakan.

Ada empat fitur utama yang tersedia dalam game CryptoKitties, di antaranya:

1.Membeli kucing digital

Di dalam game terdapat market yang disediakan bagi para pengguna untuk membeli kucing. Jika pengguna sudah memilih Cryptokitty yang hendak dibeli, pengguna akan diminta untuk membayar lewat aplikasi wallet seperti Metamask, Trust Wallet, dll

2.Pengembangbiakkan

Ada dua cara untuk mengembangbiakkan kucing baru, yang pertama dengan mengawinkan dua kucing milik sendiri atau memilih pejantan yang disediakan secara umum.

3.Penawaran (bid)
Sistem penawaran adalah cara lain untuk membeli kucing. Dengan menggunakan sistem itu, pengguna dapat mengajukan penawaran dalam bentuk nominal Ethereum untuk setiap kucing dalam game, bahkan meskipun kucingnya tidak dijual.

Setelah mendapatkan penawaran, pemilik kucing dapat menerima atau menolak. Penawaran akan berakhir setelah melewati jangka waktu tiga hari.

4.Menjual atau menawarkan pejantan untuk pengguna lain

Pengguna dapat menjual atau membagikan kucing untuk dikawinkan dengan yang dimiliki oleh orang lain. Untuk kedua fitur tersebut, pengguna dapat membuka lelang dan bisa memilih harga awal, harga akhir, dan durasi lelang. 
 

Berita Terkait