Menengok Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung

09 Desember 2021 00:13 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Nampak sejumlah pekerja tengah menyelesaikan proyek kereta cepat Jakarta Bandung di kawasan Bekasi Timur, Rabu 8 Desember 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah mencapai 79%. KCJB yang dibangun sepanjang 142,3 kilometer akan memiliki empat stasiun. Keempat stasiun tersebut yakni Stasiun Halim Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub Padalarang, dan Stasiun Tegalluar Bandung. Keempat stasiun KCJB tersebut memiliki progres konstruksi yang berbeda-beda.

Untuk Stasiun Halim hingga saat ini progresnya telah memasuki tahap topping off dan penyelesaian konstruksi (finishing). Sementara Stasiun Karawang dan Tegalluar saat ini KCIC mulai fokus pada bangunan utama stasiun. Untuk Stasiun Padalarang, saat ini masih dilakukan koordinasi untuk pengurusan izin paralel dengan dilaksanakannya persiapan pembangunan stasiun dan penataan kawasan di sekitarnya.

Stasiun KCJB akan dibangun secara ikonik dengan mengadaptasi gaya modern-kultural. Stasiun Halim, contohnya, yang merupakan stasiun awal KCJB akan dibangun dengan mengimplementasikan material modern. Seperti alumunium panel dengan material alami seperti kayu dan bambu untuk menciptakan suasana khas ragam seni Indonesia. Selanjutnya, Stasiun Tegalluar yang merupakan pemberhentian akhir KCJB juga akan didesain dengan konsep serupa. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia.

Berita Terkait