Menengok Jejak Sejarah Revolusi hingga Periode Kemerdekaan Indonesia di Rijksmuseum Amsterdam

06 Agustus 2022 07:42 WIB

Penulis: Andi Reza Rohadian

Editor: Laila Ramdhini

Pengambilan sumpah presiden di Keraton Yogyakarta, 17 Desember 1945. Karya : Henri Cartier-Bresson salah satu dari Beberapa koleksi foto dan lukisan yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam Pameran foto dan lukisan bertajuk Revolusi di Rijkmuseum,Amsterdam. Foto : Reza Rohadian/TrenAsia (trenasia.com)

Mengenang Periode Kemerdekaan Indonesia 77 tahun lampau hingga kini masih menarik dibicarakan. Paling tidak itu tampak dari pameran bertajuk Revolusi! di Rijksmuseum, Amsterdam, sepanjang Februari-Juni silam.

Sejumlah objek dipamerkan di museum tersebut, mulai dari foto, lukisan, sketsa, film dokumenter, dari periode paling bergejolak di masa kemerdekaan Indonesia 1945-1949.    

Pameran yang sudah direncanakan sejak tahun 2017 itu menyajikan sekitar 200 objek, dari sejumlah karya seniman, seperti Trubus Soedarsono, S. Sudjojono, Otto Djaya, Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, Kusuma Affandi, dan Henk Ngantung.

Objek-objek itu merupakan barang pinjaman dari Australia, Belgia, Inggris, Indonesia, dan Belanda – yang menjadi saksi masa lalu yang penuh gejolak ini. Pameran tersebut juga meliputi dokumen-dokumen seperti poster dan pamflet yang disita oleh badan intelijen militer Belanda pada periode tersebut. Foto : Reza Rohadian/TrenAsia

Berita Terkait