Memburu Ide Usaha Inovatif, Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri

13 September 2021 15:04 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Amirudin Zuhri

Manajemen Bank Mandiri saat Kick Off Ajang Wirausaha Muda Mandiri, Senin, 13 September 2021 (Dok Perusahaan)

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) membidik lahirnya ide usaha yang inovatif melalui ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2021. Ajang ini bertujuan untuk mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda yang kreatif, inovatif, dan dapat berkontribusi aktif untuk perekonomian Indonesia.

Sejak digelar pada 2007, Bank Mandiri telah mengumpulkan 50.000 ide usaha unik dari para peserta. Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas menuturkan, WMM yang kini genap berusia 15 tahun, menjadi ajang unjuk gigi para wirausahawan muda. Apalagi, di tengah pandemi COVID-19, dirinya menanti adanya ide usaha atau model bisnis yang inovatif dari peserta kompetisi.

"Tentunya kami berharap event ini dapat melahirkan wirausaha muda tangguh, kreatif  serta mampu beradaptasi agar bisa selamat dari tekanan krisis, bahkan ikut memulihkan ekonomi nasional,” kata Rohan dalam Konferensi Pers Kick Off Wirausaha Muda Mandiri, Senin, 13 September 2021.

Mengusung tema 'Livin The Dream’, Rohan menjelaskan, kompetisi WMM 2021 akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori yaitu, industri perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang adalah Rp2,5 Miliar.

Seperti tahun lalu, Rohan menambahkan, pelaksanaan seluruh rangkaian dan teknis kegiatan WMM 2021 akan dilakukan secara hybrid dengan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Targetnya, WMM akan diikuti oleh 3.000 peserta dari usia 18-35 tahun.

Sebagai ajang pemanasan, Bank Mandiri melakukan pre-event kompetisi dalam kategori business plan competition. Lalu, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wirausahamandiri.co.id pada 13 September - 12 Oktober 2021.

Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional pada 12 - 23 Oktober 2021. Sejumlah profesional muda telah ditunjuk Bank Mandiri sebagai juri dalam ajang ini.

Beberapa di antaranya adalah Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, aktor Lukman Sardi, chef youtuber William Gozali dan juri prominen lainnya.

"Di samping juri yang merupakan public figure, salah satu keistimewaan program WMM adalah kesempatan untuk bergabung dalam komunitas alumni WMM dan tentu saja, kemudahan mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha." tutup Rohan.

Berita Terkait