Melihat Pembenihan Ikan Lele di Kolam Terpal Dengan Lahan Terbatas

02 September 2021 19:02 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Aktifitas peternak benih ikan lele dengan kolam terpal di kawasan Neglasari Kota Tangerang, Kamis 2 September 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara luas oleh masyarakat terutama di Pulau Jawa. Ikan lele termasuk ikan yang digemari oleh masyarakat, karena harganya murah serta rasanya yang lezat dan gurih. 

Selain cita rasanya yang enak, berkembang pesatnya budidaya lele juga dikarenakan ikan lele dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, teknologi budidaya relative mudah dikuasai oleh masyarakat, pemasarannya reatif mudah dan modal usaha yang dibutuhkan relative rendah terutama, apabila media atau wadah yang digunakan dengan kolam terpal.

Kolam terpal adalah kolam yang dasar dan sisi dindingnya terbuat dari plastik. Kolam terpal juga memiliki kelebihan yaitu biaya yang diperlukan untuk kegiatan ini cukup murah, tidak merusak kondisi tanah, proses pembuatan kolam terpal sangat mudah dan cepat, serta dapat dilakukan oleh masyarakat yang modalnya terbatas. 

Dalam usaha budidaya ikan lele, pembenihan merupakan bagian yang sangat penting, karena keberhasilan suatu usaha budidaya sangat dipengaruhi oleh kualitas benih yang dihasilkannya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain induk yang akan digunakan harus yang berkualitas baik, sehat dan tidak cacat , untuk pemberian makan  berupa pellet yang memiliki kadar protein tinggi ±30% sebanyak 1-2% dari biomasa. 

Untuk mempercepat kematangan gonad perlu diberi selingan pakan yang memiliki protein tinggi, antara lain : berupa ikan rucah, cacing, katak, bekicot dan lain-lain. Pemberian dilakukan 2 kali dalam seminggu. Kepadatan induk 4-6 km/m2, dan harus menghindari kondisi air kolam pemeliharaan induk dalam keadaan jernih, karena telur akan keluar di dalam kolam pemeliharaan induk. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia.

Berita Terkait