Medco Energi (MEDC) Galakkan ESG, Dukung Ekonomi Berkelanjutan

14 September 2022 15:44 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Ananda Astri Dianka

Medco Energi (MEDC) Galakkan ESG, Dukung Ekonomi Berkelanjutan

JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) juga turut mendorong penerapan prinsip Environmental, Social, Governance atau ESG. Dengan kata lain pengelolaan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan dalam berbagai aspek yang bertujuan untuk mendukung ekonomi berkelanjutan.

Direktur Medco Energi Amri Siahaan mengatakan, dalam bisnis ketenagalistrikan, perseroan telah berhasil mengoperasikan IPP Riau 275 MW dan Sumbawa Solar PV 26 MWp pada 2022 dan total panduan penjualan untuk bisnis Ketenagalistrikan pada 2022 adalah 3.500 GWh.

"Untuk ketenagalistrikan kami memproduksi 40 persen tenaga listrik lebih tinggi dari sebelumnya,  akan terus melanjutkan pengembangan Solar PV Bali 5x25 MWp dan Geotermal Ijen 30 MW yang diperkirakan memperoleh final investment decision (FID) pada kuartal IV-2022," kata Amri dalam Public Expose pada Rabu 14 September 2022.

Saat ini upaya mencapai energi baru terbarukan (EBT), perseroan telah memiliki 7 pembangkit gas , 1 pembangkit geothermal dan 1 solar PV. Hingga saat ini sampai 2027 fokus perseroan untuk peningkatan ESG berkelanjutan. 

Untuk kontribusi program pengembangan masyarakat minyak & gas dan ketenagalistrikan  2021 perseroan menggelontorkan dana hingga US$1,98 juta atau setara dengan Rp29,4 miliar (Kurs Rp14.850 per dolar AS).

Implementasi ESG Medco Energy, memiliki hasil dari sisi lingkungan perseroan menerbitkan target interim strategi perubahan iklim untuk 2025 dan 2030, lalu berkontribusi dalam penanaman 41.650 pohon, 50 Ha di Sumatera Selatan dan melakukan kolaborasi dengan masyarakat Natuna untuk penanaman bakau, bunga endemik dan penempatan terumbu karang buatan.

Sosial Medco Energy baru saja, mendapat penghargaan dari Pemerintah Daerah Sumatera Selatan untuk pengembangan sumber daya manusia, lalu ada kinerja keselamatan melampaui IOGP1, Total Recordable Incident Rate (TRIR) sebesar 0,28 untuk Medco E&P dan Nol untukMedco Power anak usaha Medco Energy.

Terakhir pada tata kelola, perseroan juga meraih penghargaan Tata Kelola Perusahaan Publik (IICD2, lalu resertifikasi ISO 37001:2016 Anti-Bribery Management System (ABMS) untuk semua asset dan menyelesaikan Human Rights assessment oleh pihak ketiga.

Berita Terkait