Mau Investasi Saham? Ini 5 Tips Cuan dari Warren Buffett

23 Juni 2022 22:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Mau Investasi Saham? Ini 5 Tips Cuan dari Warren Buffett

JAKARTA- Warren Buffett dikenal sebagai salah satu investor saham andal dan terkemuka di dunia. 

Dengan kepiawaiannya berinvestasi saham, Ia berhasil menjadi salah satu orang terkaya di jagat raya. Tak hanya itu, ia bahkan tidak pelit berbagi tips agar para investor, khususnya para pemula agar terus cuan dari berinvestasi saham.

Adapun ciri khas dari Investasi Buffett adalah, bisanya Ia akan berinvestasi pada perusahaan yang tak terlalu diperhitungkan orang lain. Namun sebagai investor, Ia tetap teliti dan punya pertimbangan terhadap jenis investasi yang akan dilakukannya.

Berikut adalah tips dari Warren Buffet agar investasi saham Anda bisa meraup cuan.

1. Buatlah Daftar Kriteria Saat Akan Membeli Saham

Buat daftar kriteria saat hendak membeli saham adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda ingin membeli saham pada emiten industri tertentu, Anda harus punya  rasio yang sudah ditetapkan sebelumnya kapan Anda bisa memiliki saham tersebut.

Hal yang perlu diingat di sini adalah jangan pernah menjadikan harga saham sebagai kriteria tunggal saat akan membeli saham. Sebab, ada banyak sekali kriteria yang bisa dimasukkan untuk mendapatkan saham terbaik sesuai dengan keinginan.

2. Berinvestasi Pada Perusahaan atau Industri yang Anda Kenal

Saat berinvestasi, pilihlah industri atau perusahaan yang Anda kenal. Dengan begitu, ini akan memudahkan Anda untuk memahami dan mengikuti tren yang sedang terjadi dalam industri tersebut.

Jangan pernah berinvestasi dengan menggunakan tips saham yang dilakukan orang lain, karena semua orang memiliki pengetahuan yang berbeda dalam berinvestasi.

Saat tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan yang tidak dikenal, maka pelajari dengan baik tentang perusahaan tersebut dan teliti berbagai hal dengan baik.

3. Jangan Berinvestasi Saat Tidak Yakin

Apabila tidak yakin di kala ingin berinvestasi, jangan lakukan. Ini adalah cara berinvestasi dari Warren Buffett yang bisa Anda terapkan jika ingin menjadi investor yang handal.

Jika tidak ada perusahaan yang sesuai dengan keinginan atau kriteria yang sesuai, maka jangan terburu-buru untuk berinvestasi. Simpanlah uang yang Anda miliki dan jangan buru-buru mengambil keputusan untuk berinvestasi.

4. Ikuti Perusahaan yang Anda Investasikan

Ikutilah kabar terbaru mengenai perusahaan tempat Anda meletakkan uang Anda secara berkala.

Meski begitu, Anda tak harus melakukannya tiap hari. Melainkan ikuti secara berkala dalam hitungan bulan tau saat momen tertentu.

5. Jual Saham di Saat yang Tepat

Investasi saham ala Warren Buffett adalah menjual saham di saat yang tepat. Artinya, Anda harus melepas kepemilikan saham dengan alasan yang benar-benar bisa diterima.

Agar bisa menjual saham di saat yang tepat, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti berita dan informasi berkaitan dengan saham tersebut.

Dengan demikian, saat sebuah perusahaan tidak lagi sesuai dengan kriteria Anda tetapkan, inilah saatnya menjual dan melepaskan kepemilikan.

Berita Terkait