Matahari (LPPF) Rombak Direksi dan Komisaris, Ada Menantu Stephen Riady dan Ipar Hary Tanoe

27 Agustus 2021 20:05 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Matahari Departement Store.

JAKARTA - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mengubah susunan anggota dewan komisaris dan direksi. Keputusan ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan pada hari ini, 27 Agustus 2021.

Manajemen mengangkat Andy Adhiwana sebagai komisaris baru. Selain itu, Bianca Cheo Hui Hsin dan David Fernando Audy ditetapkan sebagai komisaris independen. Perubahan ini disetujui oleh para pemegang saham untuk mendukung perseroan dalam bertransformasi ke depan. 

“Kami sangat gembira menyambut bergabungnya Bapak Andy Adhiwana, Ibu Bianca Cheo Hui Hsin, dan Bapak David Fernando Audy sebagai komisaris baru perseroan,” ungkap Presiden Komisaris Matahari Department Store Monish Mansukhani, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Adapun Andy Adhiwana merupakan Chief Executive Officer (CEO) dari Auric Pasific Group Ltd, perusahaan ritel dan wholesale asal Singapura. Ia menjabat sebagai CEO sejak 2016 hingga sekarang. Di perusahaan yang sama, sebelumnya jabatan Andy adalah Direktur Eksekutif yakni pada 2014-2016.

Menantu Stephen Riady yang merupakan Direktur Eksekutif di Lippo Group ini merupakan lulusan sarjana sekaligus doktoral dari Heidelberg University. Adapun gelar Master Business Administration (MBA) diraihnya di National University of Singapore.

Selanjutnya, Bianca Cheo Hui Hsin adalah Chief Operating Officer (CEO) di Mewah Intl Inc, perusahaan manufaktur yang berkedudukan di Singapura. Jabatan tersebut diduduki sejak 2010 hingga sekarang.

Sebelumnya, Wanita lulusan sarjana dari Universitas London ini merupakan pengacara di Norton Rose Fullbright Asia LLLP (2003-2004) dan Allen & Gledhill (2000-2003). 

Adapun David Fernando Audy merupakan lulusan sarjana sekaligus magister dari University of South Wales. Namanya tak asing lagi dikenal sebagai adik ipar taipan Hary Tanoesoedibjo. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). Namun, pada awal tahun ini ia diketahui telah mengundurkan diri.

Terkait perubahan pengurus LPPF tersebut, manajemen juga mengangkat Herni Dian Anggraeni dan Miranti Hadisusilo ke dalam susunan direksi.

“Mereka membawa banyak pengalaman dan bakat yang akan meningkatkan kinerja Matahari,” tambah Monish. 

Ia pun berharap, dapat bekerja sama dengan tim manajemen yang berpengalaman dalam transformasi bisnis, termasuk inisiatif strategis seperti strategi omni-channel.

Manajemen, kata dia, telah menstabilkan bisnis di tengah pandemi ini dengan mengubah struktur biaya dan operasi sebagai bentuk pemulihan kinerja.

Berikut susunan dewan komisaris dan direksi perseroan yang baru.

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris                                         : Monish Mansukhani

Wakil Presiden Komisaris Independen          : Roy Nicholas Mandey

Komisaris                                                        : Andy Adhiwana

Komisaris                                                        : Adrian Suherman

Komisaris Independen                                    : Bianca Cheo Hui Hsin

Komisaris Independen                                    : David Fernando Audy

 

Direksi

Presiden Direktur                                            : Bunjamin J. Mailool Wakil

Presiden Direktur Independen                        : Terry Donald O’Connor

Direktur Independen                                       : Niraj Jain

Direktur Independen                                       : Irwin Abuthan

Direktur Independen                                       : Miranti Hadisusilo

Direktur Independen                                       : Herni Dian Anggreani

Berita Terkait