Masjid Istiqlal Siarkan Tausiah di TV Hingga YouTube

April 24, 2020, 08:34 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Ilustrasi bulan Ramadan. / Pixabay

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) saat ini, pemerintah mengimbau mayarakat untuk bekerja dan beribadah dari rumah.

Situasi ini bersamaan dengan hadirnya bulan Ramadan 1441 Hijriah. Pemerintah pun menghadirkan siaran program tausiah bagi masyarakat muslim yang tengah menjalankan ibadah di rumah.

Kerja sama dilakukan dengan pengurus Masjid Istiqlal sebagai penyedia konten tausiah, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI, dan Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai pelaksana program siaran.

Tausiah akan disiarkan setiap hari selama bulan Ramadan di saluran televisi nasional TVRI pada pukul 19.00 WIB, serta diperdengarkan di Radio Republik Indonesia (RRI) dan RRI Net pada pukul 20.05 WIB.

“Program ini dimaksudkan untuk memfasilitasi umat muslim yang melaksanakan salat tarawih di rumah masing-masing. (Mereka) tetap dapat mengikuti tausiah Ramadan setiap malam,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam siaran tertulis di Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Program siaran tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi COVID-19.

Johhny berharap, siaran tersebut dapat meningkatkan amalan umat muslim selama Ramadan.

“Agar semakin mendekatkan kepada Sang Pencipta, dan memberikan ketenangan kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 dengan tetap sabar, tenang dan waspada,” jelasnya.

Selain melalui siaran RRI dan TVRI, masyarakat juga dapat mengikuti program siaran tausiah melalui streaming di channel YouTube Sahabat Istiqlal. (SKO)