Kini Tumblr Berikan Kemudahan Kreator untuk Buat Konten Berbayar

22 Juli 2021 13:03 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Tumblr

JAKARTA - Tumblr merupakan suatu platform blogging yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Kini, Tumbler akhirny menawarkan kepada para blogger pengguna Tumbler untuk menghasilkan uang dari konten yang mereka buat, yaitu dengan biaya berlangganan.

Platform blogging yang telah berusia 14 tahun ini mulai menambahkan fitur tersebut dengan menempatkan postingan para kreator di balik paywall.

Fitur tersebut disebut Post Plus, yang memungkinkan pembuat konten untuk menawarkan biaya langganan sebesar $3,99, $5,99, atau $9,99 per bulan, yang akan memberi pembaca akses ke kiriman apa pun yang mereka inginkan.

Mengutip dari The Verge, saat ini fitur tersebut hanya tersedia dalam mode terbatas, dan hanya untuk pembuat konten tertentu.

Metode yang dilakukan Tumblr tersebut terdengar sangat mirip dengan yang ditawarkan Substack.

Tak hanya Tumbler, Facebook juga mulai menguji area tersebut dan memulai produk buletin berlangganan yang disebut dengan Buletin.

Tantangan selanjutnya, meskipun pengguna Tumblr masih merupakan jaringan besar, pengguna platformnya kini telah menyusut. Diketahui sekarang hanya ada 11,3 juta posting harian di Tumblr.

Tumblr juga telah berjuang untuk beralih ke mode seluler, kemudian terhenti setelah dibeli oleh Yahoo pada 2013 dan Verizon pada 2017.

Automattic, yang menjalankan WordPress.com, membeli Tumblr pada 2019, tetapi sejak itu tidak banyak membantu layanan tersebut. 

Berita Terkait