Masih Dapat Gaji Kecil Meski Sudah Kerja Keras? Ini yang Harus Anda Lakukan

20 Juni 2022 11:01 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Ilustrasi (Pexels.com/Karolina Grabowska)

JAKARTA - Mendapat gaji kecil meski sudah bekerja keras tentunya merupakan hal yang mengecewakan. 

Tak jarang karena hal ini, muncul sejumlah pemikiran untuk menyalahkan perusahaan. Sejumlah perusahaan memang memiliki alasan memberi gaji kecil pada karywanannya meski mereka bekerja di atas rata-rata.

Sebagai contoh, perusahaan yang baru merintis sehingga belum mampu memberikan gaji layak. Alasan lainnya bisa karena perusahaan yang menyimpan anggaran untuk kemajuan perusahaan nantinya.

Namun meski perusahaan punya seribu alasan, Anda tetap berhak meminta gaji sesuai dengan kinerja Anda. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan supaya bisa meminta kenaikan gaji sesuai dengan kinerja yang Anda lakukan.

1. Negosiasikan Gaji

Sejumlah perusahaan sering meminta hasil yang besar meski gaji yang mereka berikan berada di bawah standar. Menanggapi hal ini, Anda berhak mengutarakan keinginan untuk naik gaji dengan melakukan negoisasi.

Saat bernegoisasi, sebaiknya berikanlah bukti-bukti dan hasil kinerja Anda selama ini. Jika memang performa Anda bagus, bukan tak mungkin gaji Anda akan disesuaikan.

2. Minta Keuntungan Tambahan

Jika perusahaan tidak bisa memberikan tambahan gaji, cobalah meminta keuntungan atau benefit lain yang bisa diperoleh dari perusahaan. Adapun manfaat yang bisa Anda minta seperti kesempatan mendapatkan mentorship, mengikuti seminar, ataupun pelatihan lintas profesi.

Selain itu fasilitas penunjang seperti coworking space gratis, laptop, atau alat tulis kantor serta benefit lainnya. Meski tidak berbentuk uang, Anda bisa memanfaatkannya tanpa harus merogoh uang sendiri dari gaji.

3. Minta Waktu Kerja yang Fleksibel

Bekerja secara fleksibel atau remote working jadi salah satu kegiatan yang tengah tren saat ini. Sistem kerja remote ini memungkinkan Anda untuk tidak hadir langsung setiap hari ke kantor. Hal ini disukai karena karywan bebas bekerja dimana saja bahkan hanya dari rumah.

Negosiasikan dengan memberikan alasan bahwa sistem remote lebih menguntungkan untuk Anda juga perusahaan. Misalnya saja dengan kerja remote Anda bisa lebih produktif, menghemat anggaran perusahaan, atau membuat Anda lebih sehat sehingga hasil kerja lebih maksimal.

4. Minta Pindah Divisi

Mengajukan perpindahan divisi menjadi hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan kenaikan gaji. Dengan begitu, Anda bisa memperluas keahlian sebagai seorang karyawan.

Biasanya, karyawan yang punya keahlian luas mendapat nilai tambah di mata perusahaan. ilai yang Anda miliki tersebut memungkinkan perusahaan berhenti memberikan gaji yang rendah. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi mengalami masalah gaji yang tidak sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.

5. Mengundurkan Diri

Opsi terakhir jika ingin mengharap kenaikan gaji adalah dengan cara mengundurkan diri dari perusahaan. Namun, hal ini bisa dilakukan jika semua pilihan di atas tak membuahkan hasil.

Dibandingkan memendam kekecewaan, lebih baik Anda mencari pekerjaan lain yang memiliki gaji sesuai. Apalagi jika keahlian Anda sudah bertambah karena telah melakukan cara-cara di atas, maka kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik semakin tinggi.

Berita Terkait