Marak NFT Sebagai Aset Digital, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

19 Januari 2022 18:33 WIB

Penulis: Azura Azka Syavira

Editor: Rizky C. Septania

Marak NFT Sebagai Aset Digital, Simak Kelebihan dan Kekurangannya (cnbcfm.com)

Non-Fungible Token atau NFT sedang ramai diperbincangkan sebagai asset digital yang menguntungkan. Namun NFT juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu untuk diketahui agar anda bisa memutuskan apakah perlu memilikinya atau tidak. Berikut penjelasannya.

Kelebihan NFT

1. Terpercaya

Teknologi blockchain pada NFT dapat digunakan untuk menverifikasi keaslian toket atau melacak pembuat aslinya. Hal ini menyebabkan tingkat duplikasi NFT bisa dikatakan 0, tidak ada sembarangan orang yang bisa melakukan penipuan karena kode unik yang terjaga rapi. Verifikasi pun hanya bisa pada satu pemilik, sehingga langsung bisa dikenali.

2. Unik dan Dapat Dikoleksi

Sebagian besar NFT digunakan dalam koleksi dan seni yang langka. Dengan penyertaan token, validitas dan kepemilikan barang koleksi akan mudah diverifikasi. Hal ini juga melindungi karya seniman agar tidak dicontek atau disalahgunakan. Dengan keunikan karya yang dijual tersebut, banyak orang menikmati kegembiraan yang datang dengan mengumpulkan sesuatu yang unik atau langka.

3. Tidak Berubah

NFT juga tidak bisa diubah dan tidak bisa dihilangkan. Hal ini disebabkan karena token yang digunakan berbasis blockchain

4. Kelangkaan NFT Menambah nilai

NFT masih termasuk aset yang sedikit. Hal itu yang membuat harganya cukup tinggi dan membuatnya bernilai. Seniman jadi punya ruang khusus untuk menawarkan karyanya dengan harga yang layak. Apalagi karya seni pun tidak punya nilai yang mutlak. Semakin terkenal seniman, maka NFT yang terjual bisa bernilai tinggi.

5. NFT dapat Menyertakan Kontrak Pintar

Kontrak pintar adalah fitur lain dari teknologi blockchain dimana mereka dapat menyimpan instruksi yang dieksekusi ketika kondisi tertentu terpenuhi. Adanya kontrak pintar sangat membantu investor untuk lebih menjamin keamanan dan aturan yang ada didalam penggunaan NFT tersebut.

Kekurangan NFT

1. Tidak dapat Dibagi

NFT tidak dapat dibagi menjadi unit yang lebih kecil, sehingga Anda hanya bisa mengakses NFT ketika sudah membayarnya sampai lunas.

2. NFT Bisa Dicuri

Walaupun teknologi di balik NFT relatif aman, banyak bursa dan platform tidak menjamin 100%. Dengan begitu, ada beberapa laporan tentang NFT yang dicuri setelah pelanggaran keamanan siber. 

3. NFT Termasuk Pasar Spekulatif

Pasar investasi NFT sampai saat ini masih belum stabil, sehingga masih sangat riskan untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan NFT masih terbilang baru dan masih dalam tahap berkembang.

4. Belum Ramah Pengguna

Sistem NFT masih belum ramah pengguna alias membingungkan. Perlu diatur sedemikian rupa supaya mudah dimengerti oleh pengguna baru.

 

Berita Terkait