Mantap! Tiap Hari Uang Rp1 Miliar Berputar di Pengolahan Sampah Plastik

14 September 2021 13:38 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ismail Pohan

Pekerja memasukkan leburan sampah plastik yang sudah dijemur kedalam karung untuk kemudian ditimbang di gudang pengolahan sampah plastik kawasan Bekasi, Selasa, 14 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Sampah plastik atau plastik bekas kemasan ternyata memiliki nilai ekonomi yang cukup besar. Bahkan per hari perputaran nilai ekonomi dari pengolahan plastik bekas kemasan berbahan polyethylene terephthalate (PET) mencapai Rp 1 miliar.

Hal itu terungkap dari riset terbaru Sustainable Waste Indonesia (SWI) yang mengungkapkan skema ekonomi sirkular sebagai salah satu strategi untuk pengelolaan sampah plastik. Ternyata skema ini mampu menjaga keberlanjutan lingkungan sekaligus memberikan manfaat ekonomi dalam hal daur ulang sampah.

Merujuk data dari Kajian Daur Ulang Plastik dan Kertas dalam Negeri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2021, total konsumsi plastik nasional mencapai 5,63 juta ton/tahun. Industri plastik daur ulang tanah air pun turut berkembang seiring dengan permintaan yang semakin tinggi.

Dari seluruh jenis plastik, kemasan minuman ringan termasuk dalam jenis yang paling banyak didaur ulang yaitu botol PET (polyethylene terephthalate) sekitar 23%, dan gelas PP (poly propylene) sekitar 15%. Hal ini menunjukkan secara umum kontribusi jenis plastik ini terhadap sirkulasi ekonomi di Indonesia. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berita Terkait