Mantap! Siap Digelar Maret 2022, Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Sudah 77 Persen

June 08, 2021, 02:13 AM UTC

Penulis: Sukirno

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok. / Dok. Kemenparekraf

MATARAM – Sirkuit MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal resmi digunakan pada Maret 2022.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan pembangunan sirkuit Mandalika sudah mencapai 77%.

“Semuanya sudah berjalan dengan baik. Alhamdulillah tidak ada hambatan,” ujar Moeldoko didampingi Gubernur NTB Zulkiefimansyah dan Kapolda NTB Irjen Pol M Ikbal saat meninjau lokasi sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, dilansir Antara, Senin, 7 Juni 2021.

Menyambut kegiatan Internasional MotoGP, pengerjaan sirkuit Mandalika terus dikebut. Bahkan, ditegaskan Moeldoko progres pembangunan sirkuit secara tahapan tidak ditemukan permasalahan yang berarti. Termasuk isu-isu pembebasan lahan juga tertangani dengan baik.

“Saya senang, setelah mengelilingi sirkuit, prinsipnya sesuai on schedule,” katanya.

Muldoko yang juga didampingi Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer dan Chief Strategic dan Communication Mandalika Grand Prix Associatio (MGPA) Happy Harianto.

“Hanya ada pemunduran jadwal, yang semula direncanakan pada bulan November 2021 menjadi bulan Maret 2022,” sambung Moeldoko.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah, mengatakan mundurnya jadwal MotoGP ini diakibatkan oleh keadaan dan situasi pandemi COVID-19.

“Ini lebih karena keadaan atau situasi bukan kendala teknis dan keinginan kita,” sambung Doktor Zul di tikungan 10 sirkuit saat berkeliling melihat progres pembangunan.

Namun sebelum pelaksanaan MotoGP, pada bulan November tanggal 12-14 November akan digelar seri World Superbike, sebagai penutup WSBK 2021.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) tengah menggenjot pembangunan Sirkuit Mandalika dalam rangka menyambut penyelenggaraan MotoGP di akhir 2021.

Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer itu merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun mulai dari tahap konsep serta menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini.

Pembangunan Sirkuit Mandalika ini akan menggunakan skema PreFinanced Project di lahan seluas 52,5 hektare yang berlokasi pada kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika. Total investasi untuk proyek ini diperkirakan mencapai Rp17 triliun. (SKO)