Mantap! Erick Thohir Ingin BUMN Bangun Kawasan Farmasi Hingga Pabrik Paracetamol

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan akan segera membangun kawasan kesehatan di dalam negeri. Hal ini sebagai upaya untuk menunjang industri farmasi Tanah Air.

Menurutnya, peluang pasar industri kesehatan di Indonesia sangat besar. Sedangkan, Erick bilang selama ini banyak sekali masyarakat yang memilih pengobatan di luar negeri.

“Kawasan kesehatan ini kalau jadi, potensi market-nya luar biasa. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri, ada di Indonesia semua,” ujarnya dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu 16 September 2020.

Terkait hal tersebut, ia juga berencana mengundang para ahli dan dokter untuk melakukan kerja sama dalam mengembangkan kawasan kesehatan tersebut. Selain itu, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini bakal mengundang investor demi mewujudkan rencananya.

“Kita buka partnership dengan siapapun, baik foreign investment dan lokal karena kita ada market besar,” tutur Erick.

Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi kesiapan uji klinis fase 3 calon vaksin COVID-19 di Bandung, Selasa, 4 Agustus 2020/ Bumn.go.id

Pabrik Paracetamol

Selain itu, pria yang juga pernah menjabat Presiden klub Inter Milan ini berencana membangun pabrik paracetamol melalui BUMN sektor farmasi. Wacana tersebut keluar karena menurut Erick selama ini paracetamol masih harus diimpor guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Kita akan bangun pabrik paracetamol yang selama ini diimpor,” tutur adik Garibaldi ‘Boy’ Thohir ini.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa rencana pembangunan pabrik tersebut merupakan salah satu bagian dari program konsolidasi BUMN klaster kesehatan. Nantinya, salah satu BUMN farmasi akan difokuskan untuk menekan impor obat.

Sebagai catatan, BUMN memiliki perusahaan yang bergerak di sektor farmasi. BUMN itu adalah PT Bio Farma (Persero), emiten PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF), dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF).

“Kita gabungkan Bio Farma, Kimia Farma dan Indofarma. Kimia Farma akan fokus untuk kimia dan menekan impor obat-obatan,” tegasnya. (SKO)

Tags:
BUMN FarmasiErick ThohirfarmasiHeadlineIndofarmaindustri farmasikesehatanKimia FarmaMenteri BUMN Erick ThohirPT Bio FarmaPT Bio Farma (Persero)PT Indofarma TbkPT Kimia Farma (Persero) Tbk
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: