Mantan CEO AirAsia Indonesia Jadi Dirut Pelita Air, Ini Profil Dendy Kurniawan

13 April 2022 11:02 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Fakhri Rezy

Dendy Kurniawan (Brankas foto Trenasia)

JAKARTA - PT Pelita Air Service resmi mengumumkan penunjukkan posisi Direktur Utama, yaitu Dendy Kurniawan. Dirinya diamanahkan untuk bertanggung jawab mengelola seluruh kegiatan operasional PT Pelita Air Service dan mengawasi penerapan strategi bisnis untuk terus berkembang.

Pengukuhan Dendy Kurniawan atas jabatan Direktur Utama PT Pelita Air Service berlangsung pada tanggal 8 April 2022 secara virtual oleh Direktur SDM PT Pertamina (Persero), M Erry Sugiharto sebagai manajemen induk perusahaan. Dendy dipercaya atas pengalaman dan prestasinya memimpin salah satu industri jasa penerbangan di Indonesia selama kurang lebih delapan tahun terakhir.

“Dengan kerja keras, solid teamwork, dan selalu positif thinking serta dukungan yang kuat dari stakeholders, Insya Allah kita bisa mewujudkan cita-cita pemegang saham untuk menjadikan PT Pelita Air Service menjadi andalan industri penerbangan Indonesia, yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penyediaan transportasi udara yang menyeluruh,” ujar Dendy Kurniawan dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 April 2022.

Dengan bergabungnya Dendy Kurniawan, maka saat ini posisi Direksi PT Pelita Air Service, diisi oleh Dendy Kurniawan selaku Direktur Utama, Muhammad S. Fauzani selaku Direktur Keuangan dan Umum, serta Affan Hidayat selaku Direktur Produksi.

Pada kesempatan yang sama, PT Pertamina (Persero) selaku induk perusahaan dari PT Pelita Air Service, juga menetapkan susunan Dewan Komisaris, yang dijabat oleh Rachmat Kaimuddin selaku Komisaris Utama, Michael F. Umbas selaku Komisaris, dan Marsma Mohammad Tony Harjono selaku Komisaris.

Dengan susunan Dewan Direksi dan Dewan Komisaris yang baru tersebut, diharapkan Pelita Air mampu mengembangkan bisnisnya di semua lini, baik itu Charter, Reguler dan Service.

Siapakah Dendy Kurniawan?

Dendy Kurniawan menjabat petinggi di industri penerbangan kurang lebih 8 tahun. Dirinya juga merupakan Komisaris Utama di PT AirAsia Indonesia Tbk per Oktober 2019.

Selama di AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan pernah menjabat sebagai CEO pada tahun 2016-2019, CEO AirAsia Indonesia Extra tahun 2014-2016, dan Chief Financial Officer tahun 2014-2016.

Selain itu, Dendy Kurniawan pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan atau CFO di PT Geo Dipa Energi (Persero) pada 2009-2014 silam.

Dendy Kurniawan merupakan lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) medio 1991-1996 jurusan Teknik Industri. Kemudian Dendy Kurniawan melanjutkan studinya sebagai magister di Yale University, Connecticut, Amerika Serikat pada 1999-2000.

Perwakilan PT PAS, yaitu Direktur Keuangan dan Umum Muhammad S Fauzani menyambut baik kedatangan Dendy sebagai keluarga maskapai BUMN tersebut. Apalagi, Dendy memiliki rekam jejak yang telah terbukti dalam mengembangkan strategi dan inovasi dalam memimpin industri jasa penerbangan.

"Saya yakin, beliau akan memimpin PT Pelita Air Service mencapai kesuksesan yang lebih tinggi dan tentu semakin membawa nama harum PT Pelita Air Service di kancah dunia penerbangan Nasional,” kata Muhammad S. Fauzani.

Berita Terkait