Manfaatkan Diskon Pajak, Rumah.com dan REI Gelar Pameran Properti Virtual

22 Juli 2021 21:45 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi rumah.

JAKARTA – Portal properti daring, Rumah.com, bekerja sama dengan Real Estat Indonesia (REI) untuk menyelenggarakan pameran properti virtual bertajuk “Rumah.com & REI Property Expo” yang akan digelar tahun ini.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menyebut kemitraan dengan asosiasi pengembang terbesar di Indonesia ini menandai perubahan cara pengembang properti dalam menjangkau para pencari rumah. 

“Di masa yang penuh tantangan ini, masyarakat mengubah cara mereka mengkonsumsi dan mencari informasi termasuk di bidang properti. Data kami menunjukkan bahwa Rumah.com tumbuh dua kali lipat pada semester I-2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Marine dalam siaran pers, Kamis, 22 Juli 2021.

Marine menggambarkan acara yang akan datang ini sebagai salah satu pameran properti online terbesar yang akan diadakan tahun ini.

“Sebagai referensi, Asia Virtual Property Expo (AVPE) yang diadakan tahun lalu oleh PropertyGuru – induk perusahaan Rumah.com – dikunjungi hampir 500.000 kali dari Indonesia, di mana 60 pengembang terkemuka membuka booth mereka dan menyediakan project virtual tour di dalam simulasi ruang pameran kami,” kata Marine.

Wakil Ketua Umum DPP REI Ikang Fawzi mengatakan adanya kemitraan dengan Rumah.com dapat membantu para pengembang untuk mengubah cara pencari rumah menemukan segala hal yang terkait dengan penawaran rumah. 

Menurutnya, kemitraan ini ini datang di saat yang tepat di mana pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pembebasan PPN properti. 

“Kami percaya bahwa sebagian besar pengembang REI akan mengambil bagian dalam pameran properti ini untuk memanfaatkan momentum pembebasan pajak, dan menghadirkan proyek perumahan terbaik mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah,” ujarnya.

Menurut data REI, pertumbuhan penjualan properti mencapai 15% dengan penjualan senilai Rp200 triliun pada kuartal I-2021. Pertumbuhan ini disebut juga terjadi pada periode pembebasan PPN properti.

Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang pengecualian untuk mendorong pemulihan ekonomi dari sektor properti. REI memperkirakan dengan perpanjangan insentif PPN, penjualan properti akan tumbuh 20% hingga akhir tahun.

Berita Terkait