Majukan UMKM, Bukalapak, Grab, dan Emtek Lanjutkan Program Kota Masa Depan di 3 wilayah Pada 2022

23 Juni 2022 21:20 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Yosi Winosa

Penandatanganan kolaborasi Bukalapak, Grab, dan Emtek untuk program Kota Masa Depan 2022. (Bukalapak)

JAKARTA - PT Bukalapak.com Tbk bersama PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) melanjutkan kolaborasi untuk program Kota Masa Depan di tiga wilayah untuk tahun 2022.

Program ini akan diadakan di Gowa, Malang, dan Pekanbaru. Sebelumnya, program Kota Masa Depan ini dihadirkan dihadirkan di Kupang dan Solo pada tahun 2021.

Kota Masa Depan sendiri adalah program akselerator ekstensif yang meliputi adopsi platform digital dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemberdayaan dilakukan lewat pelatihan dan pendampingan untuk perkembangan bisnis melalui teknologi digital.

Kota Masa Depan diproyeksikan untuk membuka akses pasar yang lebih luas bagi para pelaku UMKM di kota-kota kecil, khususnya perempuan, untuk memajukan bisnis tanpa harus berpindah ke kota besar.

"Dengan begitu, setiap orang dapat memiliki kesempatan yang sama untuk membawa bisnis mereka naik kelas dan memberikan dampak besar pada perekonomian daerah," tulis manajemen Bukalapak dikutip dari keterangan resmi, Rabu, 23 Juni 2022.

Program yang kelanjutannya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada agenda B20 Indonesia Women in Business Action Council ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk mengadopsi teknologi yang nilainya semakin esensial di tengah masa pandemi COVID-19 yang belum usai.

Dengan adanya program ini, UMKM Indonesia diharapkan bisa terus maju dan terdigitalisasi sehingga bisnisnya pun akan semakin berkembang dan mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat.

Berita Terkait