LinkAja Akuisisi iGrow, Capai Pemerataan Akses Pembiayaan untuk UMKM

April 30, 2021, 04:22 PM UTC

Penulis: Reky Arfal

Dompet digital LinkAja dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) / Twitter @linkaja

JAKARTA – Setelah disiram pendanaan series-B senilai lebih dari US$100 juta, LinkAja melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi salah satu perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending, PT iGrow Resources Indonesia (iGrow).

Akuisisi ini bertujuan untuk memperluas lini bisnis ke pembiayaan online, terutama untuk sektor produktif UMKM.

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja mengatakan, hal ini sejalan dengan tujuan LinkAja untuk mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kemandirian ekonomi.

Perluasan lini usaha di bidang pembiayaan merupakan upaya LinkAja dalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi, terutama kepada masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM.

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kemandirian ekonomi,” katanya, Kamis 29 April 2021.

Langkah ini juga didukung para pemegang saham LinkAja yang menjadi modal utama LinkAja dalam memberikan layanan pembiayaan yang aman, mudah, dan terpercaya.

Didukung jaringan ekosistem LinkAja kuat di berbagai daerah di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3.

Haryati berharap LinkAja dapat memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM yang selama ini masih terfokus di pulau Jawa dan kota tier 1.

Lini usaha pembiayaan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi ketahanan dan kemajuan bisnis UMKM terutama di tengah pandemi COVID-19.

“Kami yakin iGrow merupakan partner yang tepat karena memiliki visi dan misi serupa untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendukung segmen menengah ke bawah terutama kelompok produktif,” tuturnya.

Direktur Pengembangan Bisnis PT iGrow Resource Indonesia (iGrow), Jim Oklahoma menyatakan LinkAja dan iGroe punya kemiripan tujuan, yaitu untuk memperkuat perekonomian Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM.

Selain itu, LinkAja juga merupakan perusahaan yang memiliki fundamental bisnis kuat dengan kolaborasi pemegang saham antara BUMN dan perusahaan teknologi besar.

‘Hal ini akan mempercepat visi dan misi iGrow untuk memberikan impact ke UMKM dan dapat menjadikan iGrow sebagai salah satu pemain utama di bidang pembiayaan sektor produktif,” katanya. (RCS)