Lewat Telkom, Pemerintah Rilis Media Baru Berbahasa Inggris SEA Today

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio melaksanakan soft launching dan menyaksikan penayangan perdana kanal berita berbahasa Inggris, Southeast Asia Today atau SEA Today di Jakarta, Rabu 28 Oktober 2020.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi dukungan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk alias Telkom melalui kehadiran SEA Today. Kegiatan ini pun dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Menurut Erick, sudah saatnya Indonesia menyampaikan berita yang benar mengenai Tanah Air kepada dunia. Pasalnya, selama ini informasi positif tentang Indonesia masih kurang tersampaikan, sehingga persepsi dunia internasional menjadi kurang baik.

“Sudah saatnya kita dipandang dunia. Sudah saatnya kita bangkit, seperti para pemuda yang bangkit menyatukan Indonesia di 28 Oktober 1928,” ungkapnya melalui keterbukaan informasi di laman Telkom, dikutip Kamis 29 Oktober 2020.

Hal senada juga disampaikan oleh Menparekraf Wishnutama Kusubandio. Ia mengatakan, kehadiran SEA Today dapat menjadi perpanjangan informasi mengenai potensi alam, budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Indonesia. Dengan begitu, harapannya dapat menarik minat wisatawan hingga investor asing.

SEA Today ini dapat menjadi sarana baru untuk memperkuat komunikasi publik mengenai Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ke khalayak internasional. Tantangannya ke depan adalah bagaimana kita mengemas materi tersebut menjadi sebuah konten komunikasi yang menarik untuk disampaikan,” tambah Wishnutama.

SEA Today disiarkan melalui berbagai kanal digital, seperti TV Interaktif IndiHome, aplikasi UseeTV GO, website UseeTV.com, aplikasi Maxstream, aplikasi SEA Today, YouTube SEA Today News dan website www.seatoday.com.

Tayangan perdana yang disiarkan secara langsung adalah SEA Morning Show, yang hadir setiap hari pukul 06.00 – 09.00 WIB. Disajikan berbahasa Inggris, SEA Morning Show membuka pagi dengan peristiwa terkini, laporan langsung dari tempat kejadian, talkshow, performance and features dari Indonesia, Asia Tenggara dan dunia.

Unit Bisnis Telkom

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyatakan, SEA Today merupakan bagian dari upaya Telkom Group melalui anak usahanya, MD Media dalam melakukan ekspansi bisnis khususnya digital content provider.

“Semoga SEA Today dapat menjadi kanal yang membawa nama Indonesia mendunia, memberikan berita yang bukan hanya cepat, tetapi juga tepat dan akurat,” jelas Ririek.

Rencanaya, SEA Today akan didistribusikan ke mancanegara melalui kemitraan dengan media internasional di 10 negara. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

Telkom juga membuka peluang kerja sama dengan content provider demi memperkaya dan meningkatkan kualitas konten, termasuk juga media partner untuk memperluas jangkauan.

Kehadiran SEA Today diharapkan dapat menjadi media baru untuk menampilkan citra positif Indonesia serta membuka mata dunia akan potensi dan prestasi. Baik dari sisi kekayaan alam, masyarakat maupun budaya, serta peluang peningkatan investasi.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali dan Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah beserta jajaran.

SEA Today merupakan kanal berita dengan target audiens publik internasional. Sea Today dikelola oleh PT Metra Digital Media (MDM) selaku anak usaha Telkom yang bergerak di bidang digital content media. (SKO)

Tags:
BUMNErick ThohirGrup TelkommediaMenparekraf Wishnutama KusubandioMenteri BUMN Erick ThohirPT Metra Digital Media (MDM)PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) TbkSEA TodaytelevisiTelkom Indonesiawishnutama
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: