Ini Alasan Legenda MotoGP Valentino Rossi Resmi Pensiun

07 Agustus 2021 04:07 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Legenda MotoGP Valentino Rossi Resmi Pensiun (Istimewa)

JAKARTA - Nama Valentino Rossi tentunya sudah sangat akrab didengar oleh banyak orang. Legenda MotoGP ini baru saja mengumumkan bahwa akan pensiun usai MotoGP 2021.

Selama 26 tahun berkiprah di dunia balap motor, Valentino Rossi bahkan sudah menjadi juara dunia sebanyak 9 kali. Juara tersebut ia dapatkan sekali di kelas 125 cc, sekali di kelas 250 cc, dan 7 kali di kelas 500 cc. 

Keseluruhan tersebut jika dijumlahkan, berarti Valentino Rossi telah meraih 115 kemenangan grand prix, dengan 89 di antaranya datang di kelas utama, sementara total podiumnya mencapai 235 pada TT Belanda 2021.

Mengutip dari laman Auto Sport, setelah kehilangan slot pabrikan Yamaha untuk tahun 2021, Valentino Rossi memilih melanjutkan kariernya ke musim ini dengan dukungan dari Yamaha di Petronas SRT.

Akan tetapi performanya justru memburuk, bahkan dirinya hanya mencetak 19 poin dari sembilan balapan pertama.

Pada hari Kamis, di GP Styria, di mana tempat tersebut Valentino Rossi meraih podium grand prix pertamanya di kelas 125cc pada tahun 1996, legenda asal Italia tersebut mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP.

"Saya mengatakan selama musim saya akan mengambil keputusan saya untuk tahun depan setelah liburan musim panas. Saya memutuskan untuk berhenti di akhir musim, jadi sayangnya ini akan menjadi musim terakhir sebagai pembalap MotoGP," kata Rossi dalam sebuah konferensi pers menjelang GP Styrian untuk mengumumkan keputusannya.

“Sulit, ini momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor. Saya sudah melakukan ini kurang lebih 30 tahun sehingga tahun depan hidup saya akan berubah".

“Tapi bagaimanapun, itu hebat, saya sangat menikmatinya, ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu sangat, sangat menyenangkan”.

"Ini 25 atau 26 tahun di kejuaraan dunia. Itu hebat dan saya memiliki momen yang tak terlupakan dengan semua tim saya, dengan semua orang yang bekerja untuk saya. Jadi saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan, hanya ini."jelas Rossi.

Berita Terkait