Lebih Murah, YouTube Premium Lite Siap Rilis

04 Agustus 2021 10:30 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Ilustrasi YouTube Premium (Istimewa)

JAKARTA - Layanan streaming video asal Amerika Serikat, YouTube, berencana meluncurkan platform YouTube Premium Lite.  Platform ini merupakan versi lebih ringan dibanding YouTube Premium biasa.

Kabar ini pertama kali santer beredar di sebuah forum diskusi populer ResetEra. Kala itu, sebuah akun bernama jelmejrit mengaku bahwa dirinya telah menikmati layanan YouTube Lite premium.

Sesaat setelah rumor beredar, hal tersebut dikonfirmasi oleh YouTube lewat situs resminya. Dalam pernyataan, YouTube membenarkan bahwa pihaknya memang berencana untuk merilis Youtube Premium versi Lite. 

Seperti namanya, YouTube Premium Lite ini merupakan versi "rendah" dari YouTube Premium.

Lewat perilisan platform tersebut, YouTube berharap pengguna mereka bisa memiliki lebih banyak plihan. 

Apa bedanya?

Lalu, apa perbedaan YouTube Premium Lite dengan YouTube Premium? 

Adapun yang jadi perbedaan utama YouTube Premium Lite dengan YouTube Premium paling mencolok berada pada harga tarif berlangganan. Dibanding Youtube Premium, tarif berlangganan Youtube Lite diklaim lebih murah. 

Saat ini,  biaya langganan YouTube Premium per bulan ada di angka 11,99 Euro atau sekitar Rp205 ribu (asumsi kurs Rp16.998 per Euro Eropa). Dalam versi lite, biaya terpangkas hingga nyaris setengahnya yakni sebesar  6.99 Euro per bulan atau sekitar Rp120 ribu.

Lebih lanjut, selain perbedaan dari segi harga, fitur-fitur yang ada di YouTube Premium Lite dan YouTube Premium pun memiliki perbedaan.

Terdapat dua fitur YouTube Premium yang tidak ada di YouTube Premium Lite, yang mana dua fitur tersebut adalah YouTube Music Premium dan background playback yang dapat membuat pengguna dapat memutar YouTube sembari membuka aplikasi lain.

Selain kedua fitur tersebut, fitur bebas iklan serupa dengan YouTube Premium dapat dinikmati di YouTube Premium Lite.

Sampai sekarang, masih belum diketahui kapan platform YouTube Premium Lite akan tersedia di Indonesia. Pasalnya, saat ini platform tersebut masih dalam tahap pengujian di sejumlah negara di benua Eropa.

Beberapa negara benua Eropa yang menjadi tempat pengujian YouTube Premium Lite adalah Belgia, Denmark, Finlandia, Luxembourg, Belanda, Norwegia, dan Swedia.

Nantinya ketika sudah tersedia di Indonesia, YouTube Premium Lite akan dapat dinikmati oleh semua pengguna YouTube web, iOS, Android, Smart TV, dan konsol game yang ada di Indonesia.

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 04 Aug 2021 

Berita Terkait