Lagi Binomo Muncul dengan Situs Baru

07 September 2021 09:43 WIB

Penulis: Redaksi

Editor: Redaksi

Binomo selalu muncul dengan alamat baru

JAKARTA – Setelah di blokir berkali-kali, situs investasi bodong Binomo lagi muncul dengan alamat baru yaitu https://binomo-web.com/. Situs ini mencuat dari iklan yang dipasang melalui situs film gratis tak berizin pengganti IndoXXI dan LK21. Saat masuk ke dalam situs film gratis tersebut penonton akan langsung masuk ke halaman penawaran investasi dari Binomo.  

Sebelumnya sudah ada lima situs Binomo yang diblokir Bappebti melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Situs tersebut antara lain binomoapp.com, binomoidn.info, binomoofficial.com, binomo-official.com, binomo-trading.com dan binomo-trading.com.

Menurut Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan ketika itu, pihaknya memblokir situs trading ilegal Binomo beserta 106 entitas lain yang tidak berizin. Binomo selalu muncul dengan domain baru setelah diblokir untuk kesekian kalinya oleh pemerintah.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, Bappebti secara rutin melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kegiatan usaha tak berizin seperti Binomo. Menurutnya, entitas-entitas yang bergerak di bidang perdagangan berjangka komoditi harus memiliki perizinan dari Bappebti.

“Hal ini penting dilakukan untuk mencegah potensi kerugian masyarakat dari pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perdagangan berjangka komoditi,” ujar Agus melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis 27 Agustus 2020.

Penegakkan Aturan

Kepala Bappebti Sidharta Utama menegaskan, seluruh pihak yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka di wilayah Indonesia wajib tunduk dan patuh pada ketentuan peraturan. Tak pandang bulu, ketentuan ini juga berlaku bagi perusahaan yang meskipun sudah teregulasi oleh regulator luar negeri.

“Bappebti akan melakukan pemblokiran secara rutin agar situs-situs broker luar negeri tidak dapat diakses masyarakat Indonesia. Pemblokiran juga dilakukan untuk melindungi dan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka,” tegas Sidharta.

Sementara itu, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan M. Syist menambahkan, saat ini masih marak penawaran investasi ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi yang beredar di masyarakat. Secara garis besar, penawaran investasi tersebut dapat dikategorikan sebagai investasi berkedok perdagangan berjangka.

“Meskipun ada pihak yang mengaku telah teregulasi regulator luar negeri, namun apabila tidak memiliki perizinan dari Bappebti maka pihak tersebut dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi di Indonesia,” tambahnya.

Berita Terkait