Kuda dan Sapi Ternyata Menjadi Hewan Paling Membunuh di Australia

25 Juli 2021 18:01 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

DARWIN-Australia dikenal dengan ular mematikan, laba-laba, dan hewan merayap raksasa lainnya. Namun, ular dan serangga bukanlah salah satu hewan paling berbahaya di hutan belantara Australia. Faktanya, hewan yang menimbulkan risiko terbesar bagi kehidupan manusia justru datang dari hewan ternak biasa. 

Menurut laporan terbaru oleh ABC Science yang dikutip The Vintage News 24 Juli 2021, kuda dan sapi adalah hewan paling berbahaya di Australia. Dari 2008 hingga 2017 sapi dan kuda menduduki puncak  dengan menewaskan total 77 orang.

Kuda (termasuk kuda poni dan keledai) secara keseluruhan adalah hewan paling mematikan. Ini terutama karena kecelakaan terkait jatuh. Sapi berada di urutan kedua, dengan kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor, atau karena diamuk dan ditanduk.

Ketika Anda melihat lebih jauh ke dalam statistik, mudah untuk memahami bagaimana begitu banyak insiden yang melibatkan sapi dapat terjadi. Per Juni 2018, ada sekitar 24 juta sapi di Australia. Meskipun kita biasanya tidak menganggap ternak sebagai sesuatu yang mematikan atau terlalu berbahaya, kecelakaan pasti akan terjadi jika ada begitu banyak sapi di satu negara.

Kategori umum "mamalia" bertanggung jawab atas pembunuhan 60 orang dalam periode 10 tahun yang sama. Kategori ini tidak termasuk hewan yang lebih kecil seperti anjing atau tikus. Jadi kita hanya bisa berasumsi bahwa mamalia yang termasuk dalam kategori ini adalah kanguru atau beruang. Kanguru dikenal dengan insting tinjunya, tetapi sebenarnya, manusia harus takut akan tendangan kanguru. Kaki belakang mereka yang kuat dengan cakar yang panjang dan tajam bisa sangat merusak manusia dan hewan lainnya.

Pembunuh mengejutkan lainnya dalam daftar termasuk anjing, yang bertanggung jawab atas 22 kematian dari 2008 hingga 2017. Kemungkinan besar ini berasal dari serangan, dengan kematian terjadi pada anak-anak di bawah usia empat tahun dan pada orang tua. Pemilik anjing berbahaya harus memastikan anjing mereka tidak menyerang publik. Di Victoria, pemilik dapat dipenjara hingga 10 tahun jika anjing mereka membunuh seseorang, atau hingga lima tahun jika anjing mereka membahayakan nyawa seseorang.

Binatang lain yang masuk daftar berbahaya di Australia termasuk lebah, tawon, dan lebah yang membunuh 27 orang. Ular dan kadal membunuh 23 orang, dan buaya membunuh 17 orang. 

Berita Terkait