Kucurkan Dana Ratusan Miliar, Bukit Asam Bangun Fasilitas Umum di Sumsel

JAKARTA – Emiten pelat merah PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) alias Bukit Asam mengalokasikan dana sebesar Rp128 miliar untuk membangun gedung olahraga dan fasilitas umum lainnya di Sumatra Selatan (Sumsel).

Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Apollonius Andwie mengatakan ada sebanyak 11 stadion atau gedung olah raga (GOR) baru yang akan dibangun perseroan. Secara rinci, nilai proyek-proyek tersebut mulai dari Rp4 miliar hingga Rp10 miliar per gedung.

“GOR tersebar di berbagai Kabupaten/Kota di Sumtera Selatan. Mulai dari Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Kabutapen OKU Timur, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Musi Rawas dan lainnya,” kata Apollonius dalam keterangan resmi di keterbukaan informasi BEI, Rabu, 16 September 2020.

Alokasi dana tersebut masuk dalam program corporate social responsibility (CSR) emiten tambang ini. Program tersebut didukung dan telah ditandatangani oleh Gubernur Sumsel Herman Deru. Program kerja sama ini berlangsung sejak 2019 sampai selesai pembangunan, yakni pada 2021.

Dalam penjelasannya, PTBA mengalokasikan Rp4,82 miliar dari dana CSR tersebut untuk memperbaiki fasilitas dan tempat olahraga di Jakabaring Sport City. Terdapat lima tempat yang diperbaiki meliputi venue atletic, venue aquatic, venue tenis lapangan, GOR Ranau, dan shelter Jakabaring Sport City.

Bangun Rumah Sakit

Tak hanya itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga mengalokasikan dananya untuk membangun fasilitas kesehatan. Dana yang dialokasikan yaitu sebesar Rp5 miliar untuk proyek pembangunan gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) beserta peralatannya di Rumah Sakit (RS) Islam Siti Khodijah.

Di sektor lain, emiten bersandi saham PTBA ini juga mengucurkan dana sebesar Rp4,9 miliar untuk memberikan bantuan berupa seperangkat peralatan pemadam kebakaran kepada Satuan Polisi Pamong Praja Sumatera Selatan.

Peralatan itu terdiri dari mobil dan kendaraan pemadaman, selang dan nozzle, jaket dan helm, serta lainnya. Terdapat juga bantuan berupa pengadaan lampu koridor jalan, pengadaan peralatan pemadaman kebakaran untuk Kota Palembang, dan pengadaan kendaraan dinas.

“Program CSR senilai Rp128 miliar ini merupakan wujud komitmen PTBA untuk membangun hubungan harmonis di tengah lingkungan yang lestari dan memberi manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat,” kata dia. (SKO)

Tags:
Bukit asamBUMNcsrCSR PTBAFasilitas UmumJakabaringProgram CSRPT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) TbkPTBAsumatera selatanSumatra Selatan
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: