Kuasai 26 Persen Pasar, WIKA Serius Garap Motor Listrik Murah

14 September 2022 07:30 WIB

Penulis: Feby Dwi Andrian

Editor: Ananda Astri Dianka

Gesits (https://gesitsmotors.com/wp-content/uploads/2020/08/hitam_vtg_bg.jpg)

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) serius untuk memproduksi motor listrik murah yang terjangkau oleh masyarakat umum.

Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Agung Budi Waskito, mengatakan ada masa depan yang cerah terkait motor listrik.

"Tahun depan kita akan memasarkan secara masif, bahkan memproduksi motor listrik yang lebih murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat umum," ungkap Agung Budi Waskito pada acara Public Expose, Selasa, 13 September 2022.

Wika Konstruksi sebagai anak usaha dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk saat ini memiliki motor listrik dengan nama Gesits, yang dilengkapi komponen baterai sebesar 30%. Namun, Wika mengaku pengadaan baterai tersebut masih impor.

Oleh karena itu, Gesits bekerja sama dengan IBC untuk fokus kepada perbaikan ekosistem baterai di Indonesia.

"Untuk sekarang Gesits menguasai market share sebesar 26 persen dari total seluruh kendaraan motor listrik," tambah Agung.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa Gesits memiliki potensi dan peluang yang cukup baik di masa depan.

Ia menambahkan bahwa saat ini Gesits sudah di-supply ke beberapa kantor BUMN dan kantor pemerintahan.

"Nantinya, Gesits akan didistribusikan secara retail, ke seluruh Indonesia melalui kerja sama dengan agen distributor," ucap Agung.

Soal Gesits, motor ini dibekali dengan baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ampere Hour (AH) yang dipasang di atas rangka motor listrik tersebut.

Bekerja di tegangan 96 Volt DC, Gesits dapat dibawa berkendara dengan daya hingga 5 kW (6,7 hp) pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 30 Nm.

Berita Terkait