Krakatau Steel (KRAS) Lego Anak Usaha, Nilai Transaksi Rp16,51 Miliar

25 Mei 2022 20:00 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Rizky C. Septania

Gedung Krakatau Steel di kawasan Gatot Subroto Kuningan. (Brankas foto Trenasia)

JAKARTA – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) menjual anak perusahaannya yakni PT Krakatau Information Technology (KIT) kepada PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) dengan nilai transaksi sebesar Rp16,51 miliar.

Sekretaris Perusahaan Krakatau Steel, Pria Utama mengatakan tujuan diadakannya penjualan ini untuk mendukung rencana pengembangan KSI dengan fokus terhadap peningkatan bisnis yang terkait dengan kawasan industri terintegrasi. Sehingga, transaksi ini dapat meningkatkan kinerja perseroan secara konsolidasi.

Dampak yang terjadi akibat penjualan ini antara lain adanya perubahan kepemilikan saham KSI di KIT dari sebelumnya 70,31% menjadi 95,31% serta terjadinya perubahan kepemilikan saham perseroan di KIT dari sebelumnya 25% menjadi 0,3%.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi ini antara lain, Krakatau Steel selaku penjual, KSI selaku pembeli saham, dan KIT selaku perusahaan yang sahamnya menjadi objek jual beli antara perseroan dengan KSI.

Krakatau Steel sendiri merupakan perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi baja. Adapun produk yang diproduksi dari perusahaan ini antara lain baja lembaran panas, baja lembaran dingin, dan batang kawat. 

Tidak hanya itu, perseroan ini juga menyediakan produk jasa yang diberikan dalam bentuk konsultasi teknis, pemeliharaan mesin, rekayasa dan konstruksi, serta penyediaan infrastruktur dan supastruktur.

Berita Terkait