KPK Temukan Bukti Baru Dugaan Suap Pajak dari Bank Panin

22 April 2021 22:21 WIB

Penulis: Reky Arfal

Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) / Twitter @KPK_RI

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan penyidikan kasus dugaan suap pajak di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yang melibatkan PT Bank Pan Indonesia Tbk (Bank Panin).

Dalam proses penyidikan itu, KPK menyita barang bukti terkait kasus dugaan suap pajak dari pegawai Bank Panin.

“Pada yang bersangkutan dilakukan penyitaan berbagai barang bukti yang ditemukan pada saat tim penyidik melakukan penggeledahan di kantor Bank Panin,” kata Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri, Kamis 22 April 2021.

Bulan lalu, KPK juga sudah menggeledah kantor pusat Bank Panin di Jakarta, Selasa 23 Maret 2021. Ali mengungkapkan penggeledahan dilakukan KPK sejak pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Ali menyebut tim penyidik menemukan berbagai dokumen dan barang elekronik yang terkait dengan perkara dan sudah diamankan petugas.

“Selanjutnya bukti-bukti tersebut akan segera dianalisis untuk diajukan penyitaannya dan menjadi bagian dalam berkas perkara penyidikan,” ungkap Ali Fikri.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan pejabat pajak Angin Prayitno Aji dan Dadan Ramdani sebagai tersangka penerima suap dalam kasus Dirjen Pajak Kementerian Keuangan.

Penetapan tersangka ini berdasarkan Sprindik bernomor B/878/ DIK.00/01-23/02/2021. Akan tetapi, KPK belum menetapkan tersangka pemberi suap meski sudah meminta permintaan cekal ke Dirjen Imigrasi.

Salah satu orang yang dicekal terkait kasus ini adalah Veronika Lindawati. Saat ini Veronika masih menjabat sebagai Komisaris PT Panin Financial, Tbk.

Seperti diketahui, Veronica memiliki jabatan di grup usaha Panin lainnya, yakni Komisaris PT Paninkorp masa jabatan 2010 hingga sekarang dan Komisaris PT Panin Investment masa jabatan 2010 hingga sekarang.

Selain itu, Veronika juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Clipan Finance Indonesia Tbk masa 2007 hingga sekarang, dan Financial Controller PT Wisma Jaya Artek. Dia juga pernah menjabat sebagai head of book keeping PT Bank Panin Tbk periode 1995 hingga 1997. (LRD)

Berita Terkait