Korea Selatan: Kim Jong Un Hidup dan Sehat

Seoul-Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri senior untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, menepis desas-desus mengenai kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang berpuncak pada isu meninggalnya pemimpin muda tersebut.

Dia  mengatakan sejauh yang Seoul ketahui, Kim dalam kondisi baik-baik saja. “Posisi pemerintah kita tegas,” kata Moon, berbicara kepada CNN pada hari Minggu 26 April 2020. “Kim Jong-un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi.”

Rumor mengenai kondisi Kim mulai berputar-putar minggu lalu, setelah ia melewatkan perayaan peringatan ulang tahun Kim Il-sung, kakeknya dan pendiri Korea Utara, pada 15 April. Padahal ini adalah hari yang sangat penting bagi Korea Utara.

Desas-desus menyebar ke media Barat setelah laporan oleh CNN dan Daily NK, sebuah surat kabar online berbahasa Inggris yang berbasis di Korea Selatan menyebutkan Kim berada dalam “bahaya besar” setelah menjalani operasi jantung.

Presiden Amerika Donald Trump, yang telah menjalin hubungan dengan Kim di tengah diskusi yang sedang berlangsung tentang program senjata nuklir Korea Utara menyebut laporan CNN “tidak benar” dan berdasarkan pada “dokumen lama.”

Komentar Moon kepada CNN mengikuti tren tenang, pernyataan pejabat Korea Selatan mengenai kesehatan Kim di tengah spekulasi media. Pekan lalu, seorang pejabat senior dari kediaman presiden Korea Selatan mengatakan kepada surat kabar Chosun Ilbo bahwa Kim diyakini tinggal di luar Pyongyang dengan kerabat dekatnya dan  melakukan tugasnya seperti biasa.

Pada hari Sabtu, think tank 38 North yang bermarkas di Washington memposting gambar satelit yang konon menunjukkan kereta kepresidenan Kim  diparkir di kawasan resor Wonsan di timur negara itu antara 21 April dan 23 April. Kompleks Wonsan diyakini sebagai tempat tinggal utama Kim di luar Pyongyang.

Menghilangnya Kim dari publik bukanlah pertama kalinya. Pada tahun 2014, ia menghilang selama 40 hari yang juga memunculkan rumor tentang masalah kesehatannya.

Tags:
kim jong un
%d blogger menyukai ini: