Kopi Kenangan, Grab, dan SUNterra Hadirkan Gerai yang Hasilkan Kopi Bertenaga Matahari

25 Mei 2022 09:40 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Fakhri Rezy

Gerai Kopi Kenangan / Twitter @Kopikenangan_ID

JAKARTA - Startup kuliner PT Bumi Berkah Boga (Kopi Kenangan) bekerja sama dengan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) dan PT Energi Indonesia Berkarya (SUNterra) untuk menghadirkan gerai yang menghasilkan kopi bertenaga matahari.

Implementasi kerja sama yang diinisiasi dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang ini adalah membangun gerai solar panel pertama yang menyajikan kopi dengan tenaga yang bersumber listrik tenaga surya.

Adapun gerai solar panel Kopi Kenangan itu berlokasi di Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Gerai yang dihadirkan melalui kolaborasi ketiga perusahaan itu diharapkan dapat menjadi gerakan transisi menuju green energy dengan proses produksi yang ramah lingkungan.

Gerai ini menggunakan 18 modul solar panel dengan berat mencapai 540 kg dan mampu mengubah tenaga surya menjadi arus listrik yang digunakan oleh mesin kopi.

"Baik Kopi Kenangan, SUNterra, dan Grab berharap inovasi ini dapat memotivasi kami dan juga pelaku industri lainnya untuk terus berkontribusi memaksimalkan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi matahari untuk Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ujar CEO dan Co-founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam keterangannya, Selasa, 24 Mei 2022.

Dalam kerja sama ini, SUNterra berperan sebagai penyedia solar panel yang mendukung energi berkelanjutan dalam keberlangsungan gerai. SUNterra sendiri adalah perusahaan pengembang proyek solar panel berbasis digital bagi sektor residensial, sosial, dan komersial.

“Kami mendukung dan mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk beralih ke energi bersih dan terbarukan. Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim," papar CEO SUNterra Fanda Soesilo.

Sementara itu, Grab turut andil dalam proyek gerai solar panel Kopi Kenangan untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan bagi para konsumen sesuai dengan misi perusahaan.

“Grab percaya bahwa perusahaan teknologi dapat berkontribusi untuk memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang ekonomi dan lingkungan. Oleh karena itu Grab sangat bersemangat dapat mendukung proyek ini bersama dengan Kopi Kenangan dan SUNterra," tutur Director of Jabodetabek Grab Indonesia Iki Sari Dewi. 

Sebagai informasi, gerai kopi bertenaga matahari Kopi Kenangan beralamat lengkap di Jl. RC. Veteran Raya No. 24, RT 1/RW 1, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12330 . 

Berita Terkait