Konsorsium Jasa Marga hingga Waskita Resmi Garap Proyek Tol Bandung-Tasik-Cilacap Rp56 Triliun

06 Januari 2022 04:09 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Sukirno

Konsorsium Jasa Marga hingga Waskita Resmi Garap Proyek Tol Bandung-Tasik-Cilacap Rp56 Triliun / Foto: Kementerian PUPR

JAKARTA – Proyek infrastruktur Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dengan total panjang 206,65 kilometer (km) resmi dimenangkan oleh konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT  Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), PT Daya Mulia Turangga, PT Sarana, PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit melakukan serah terima surat penetapan pemenang lelang jalan Tol Gedebage-Cilacap dengan nilai investasi sebesar Rp56 triliun kepada konsorsium.

Danang Parikesit mengatakan pembangunan jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap merupakan proyek prioritas kebinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diharapkan dengan ditetapkannya pemenang lelang jalan tol pelaksanaan konstruksi akan memberikan hasil yang berkualitas.

“Kami berharap konsorsium sangat berkomitmen untuk menyelesaikan ruas tol sesuai yang diharapkan. Mudah-mudahan proyek ini menjadi salah satu ruas yang cukup penting untuk memecah kemacetan lalu lintas di Gedebage sampai Cilacap,” kata Kepala BPJT Danang dalam keterangan resmi, Rabu, 7 Januari 2022.

Selanjutnya, ruas Tol Gedebage-Cilacap pada tahap konstruksinya dibagi menjadi dua bagian, yakni tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya yang pengerjaan dilakukan pada 2022 dan selesai 2024. Kemudian tahap dua dari ruas Tol Tasikmalaya-Cilacap dikerjakan pada 2027 dan selesai pada 2029.

Nantinya jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap memiliki sepuluh simpang susun (SS) di antaranya SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan dan SS Cilacap. 

Berita Terkait