Konglomerat Tanoto Datangkan Ribuan APD dan Jutaan Masker untuk Indonesia

April 07, 2020, 07:16 AM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Sumber: Tanoto Foundation

Konglomerat Sukanto Tanoto lewat Tanoto Foundation bekerja sama dengan kelompok usaha Royal Golden Eagle (RGE) memberikan bantuan 100.000 alat pelindung diri (APD) kepada petugas medis yang menangani COVID-19 di Indonesia.

Selain itu, Tanoto Foundation juga memberikan satu juta masker bedah, satu juta sarung tangan, dan 30.000 kacamata medis sebagai pelengkap APD.

Penasihat Tanoto Foundation Sihol Aritonang mengungkapkan, bantuan yang didatangkan pada Jumat, 3 April 2020 tersebut sempat mengalami kesulitan dalam proses pengadaannya.

“APD tidak mudah didapatkan karena terbatasnya produksi dan tingginya permintaan dari berbagai negara,” ungkapnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 6 April 2020.

Untuk teknis pengiriman barang, bantuan diangkut oleh dua penerbangan yang disewa dari China. Hal itu disebakan oleh minimnya perusahaan penerbangan yang mengoperasikan layanan saat ini.

Meskipun demikian, pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu pengadaan bantuan tersebut hingga akhirnya bisa tiba di Indonesia.

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu perlindungan para petugas kesehatan saat bekerja di samping memberikan keamanan yang memadai.

Sebagai informasi, data mutakhir yang dirilis oleh situs covid-19.go.id, per 6 April 2020 pukul 15.42 WIB, terdapat 2.491 kasus positif virus corona di Indonesia, dengan rincian sebanyak 192 sembuh, dan 2019 di antaranya meninggal dunia. (SKO)