Kolaborasi Bank Aladin, Alfamart, dan Halodoc Buka Sentra Vaksinasi Massal untuk Tingkatkan Herd Immunity Rakyat Indonesia

11 Agustus 2021 21:00 WIB

Penulis: Fachrizal

Editor: Rizky C. Septania

Vaksinasi Massal (Trenasia.com)

JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan herd immunity di Indonesia,  PT Bank Aladin Syariah Tbk. (“Bank Aladin”), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart), dan PT Media Dokter Investama (Halodoc) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tangerang, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”). Mereka berkomitmen menyukseskan program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan pemerintah dalam acara “Bersama Bantu Indonesia Sehat”.

Seperti yang diketahui, menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), perkembangan kasus positif COVID-19 masih terus berlangsung di Indonesia. Hingga 10 Agustus 2021, terdapat total 3.718.821 kasus positif COVID-19 di Indonesia dengan total pasien sembuh sejumlah 3.171.147 dan 110.619 meninggal dunia.  

Sentra vaksinasi  “Bersama Bantu Indonesia Sehat” ini rencananya akan memberikan vaksin untuk 5000 orang di area Tangerang yaitu yang berlokasi di Alfa Tower (Alam Sutera) dan Alfa DC (Balaraja) yang akan dilakukan secara serentak pada 12 Agustus 2021 sampai dengan 15 Agustus 2021 untuk vaksin dosis pertama dan bulan September 2021 untuk vaksin dosis kedua. 

Adapun vaksin ini terbuka bagi seluruh warga Indonesia yang memiliki KTP atau NIK dengan umur mulai dari 18 tahun keatas.

Acara ini akan dibuka besok oleh H. Arief Rachadiono Wismansyah,BSc., MKes. selaku Walikota Tangerang, Dhani Gunawan Idat selaku Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Otoritas Jasa Keuangan, dan Onny Widjanarko selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

“OJK bersama dengan Bank Indonesia saat ini tengah mendorong akselerasi penyaluran vaksin COVID-19 di seluruh Indonesia dengan target penyaluran sebesar 10 juta masyarakat pada akhir bulan Desember 2021,” ungkap Dhani Gunawan Idat selaku Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 DKI Jakarta dan Banten.

Program percepatan vaksinasi yang dikoordinir oleh OJK-BI bersama Industri Jasa Keuangan ini diharapkan mampu menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) yang mendukung mobilitas masyarakat sehingga perekonomian dapat kembali bergerak. 

“Aksi kolektif dan kolaborasi pemerintah, industri, dunia usaha dan masyarakat dalam rangka perluasan dan percepatan vaksinasi ini, diyakini turut membangun motivasi dan kepercayaan dunia usaha dan masyarakat untuk mempercepat mewujudkan terbentuknya ketahanan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Onny Widjanarko selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dalam keynote speech nya.

Selain itu, menurut Basuki Hidayat, selaku Direktur Operasional Bank Aladin mengatakan,  pihaknya sebagai Bank Syariah Masa Depan berkolaborasi bersama dengan para mitra membuka sentra vaksinasi untuk Bantu Sehatkan Indonesia.

Menurutnya, Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Kerjasama Bank Aladin Syariah dengan Alfamart dan Halodoc yang tidak hanya berfokus pada kegiatan kerjasama bisnis, namun juga kegiatan sosial seperti penyediaan sentra vaksinasi ini. 

“Kami harap pemberian vaksinasi ini dapat membantu Pemerintah dan menjadi salah satu upaya yang efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung di Indonesia,” terang Basuki Hidayat.

Sedangkan, Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin berharap akselerasi vaksinasi ini mampu membentuk herd immunity. Sehingga pandemi bisa dikendalikan dan akan berpengaruh pula pada pulihnya kondisi perekonomian negeri.

“Vaksinasi secara masif dan cepat menjadi harapan besar bagi pemerintah dan dunia usaha. Khususnya pada sektor perdagangan bidang ritel modern, untuk mendorong perekonomian Indonesia bangkit kembali melalui kontribusi konsumsi rumah tangga,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Chief Marketing Officer Halodoc, Dionisius Nathaniel, menyampaikan Halodoc sejak awal telah turut berperan aktif dalam akselerasi vaksinasi massal di Tanah Air. 

Dionisius berujar “Kerja sama antara Halodoc, Bank Aladin Syariah, dan Alfamart dalam mendukung program vaksinasi massal dari pemerintah merupakan cerminan dari nilai gotong royong. Hal ini merupakan salah satu modal utama bangsa Indonesia untuk melakukan percepatan cakupan vaksinasi massal di Indonesia sebagai upaya dalam mengentaskan pandemi Covid-19. Berkat kerja sama dengan berbagai pihak, Halodoc telah memfasilitasi ratusan ribu vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Indonesia.”

Sentra vaksinasi yang dibuka tersebut diyakini akan membantu meningkatkan herd immunity warga Indonesia khususnya yang berlokasi di Tangerang sehingga dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

Berita Terkait