KoinWorks: Tren UKM Digital Era New Normal Mulai Positif

JAKARTA – Super financial app PT Lunaria Annua Teknologi alias KoinWorks melihat adanya tren positif yang terjadi pada beberapa sektor usaha kecil dan menengah (UKM) semasa pandemi COVID-19. Hal ini berbanding lurus dengan perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

CEO sekaligus Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan, tren pertumbuhan positif pada segmen UKM digital e-commerce di portofolio KoinWorks tercatat memiliki performa yang bertumbuh dan sehat.

Sedangkan, lanjut Ben, pada Oktober 2020 lalu, tercatat segmen UKM e-commerce di portofolio KoinWorks masih terus memperlihatkan tren pertumbuhan transaksi penjualan hingga 19% tiap bulannya.

Ia meyakini bahwa penyaluran kredit melalui KoinP2P ke segmen UKM digital e-commerce dan beberapa segmen pilihan lain akan terus mencetak performa yang positif di masa ekonomi new normal ini.

“Kami juga optimistis bahwa sektor-sektor UKM digital di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk pulih. Hingga mencapai kondisi pertumbuhan transaksi bisnis seperti sebelum pandemi,” ujarnya di Jakarta, Kamis 19 November 2020.

Tren Naik

Ben menerangkan, kategori UKM digital sebelumnya sempat mengalami penurunan transaksi. Dia mencontohkan seperti kategori fesyen, di masa new normal ini juga telah menunjukan perbaikan.

Kategori itu mampu tumbuh hingga kembali mencapai titik normalnya dengan peningkatan performa sebanyak 17% di bulan Oktober 2020 lalu.

Selain itu, KoinWorks melihat adanya peningkatan pembelian produk suplemen herbal di kategori UKM kesehatan. Bahkan kenaikan transaksinya meroket hingga 200%.

Pada kategori hobi, terjadi kenaikan rata-rata 12% setiap bulannya sejak Juni 2020. Penjualan terbanyak pada produk gardening, alat olahraga, dan sepeda beserta aksesorisnya.

Ben mengaku optimistis kepada sebagian besar pelaku UKM di portofolio KoinWorks yang telah memperoleh program restrukturisasi, dapat mencapai pemulihan bisnis ke depannya. (SKO)

Tags:
Belanja Onlinebisnis onlineFintechFintech P2P LendingKoinWorksPT Lunaria Annua TeknologiSuper Financial AppUKM dan UMKMumkmUMKM Digital
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: