Kisah Sukses UMKM: Resep dan Bahan Premium Kunci Mama Bolen Gaet Konsumen

January 09, 2021, 08:03 AM UTC

Penulis: Laila Ramdhini

Kudapan Mama Bolen / Instagram @mama.bolen

JAKARTA – Hobi masak muncul saat Anna Nurlaila bekerja dari rumah (work from home) selama pandemi. Anna mulai membuat makanan yang sangat ia suka, bolen pisang.

Tak disangka, keluarga yang ikut mencoba bolen pisang Anna juga sangat suka dengan rasanya. Dari situ kemudian muncul ide untuk menjual kudapan tersebut.

Awalnya, Anna memasarkan bolen dengan sistem buka pesanan (pre-order) untuk pengiriman Sabtu dan Minggu tiap pekannya. Anna membuat bolen sesuai dengan pesanan yang masuk. Ternyata, cukup banyak yang memesan bolen itu.

Anna menjual bolen dengan harga Rp50.000 per kotak yang berisi delapan buah. Varian rasanya pisang keju dan pisang coklat. Dengan modal awal Rp500.000, Anna sudah berulang kali membuka pre-order.

Akhirnya, berbekal pengalaman tentang branding sebagai technical advisor, Anna menjadikan bisnis ini serius dengan melahirkan Mama Bolen. Dia memasarkan bolen lewat akun Instagram @mama.bolen.

Kudapan Mama Bolen / Instagram @mama.bolen
Kebanjiran Pesanan

Kini, Mama Bolen selalu kebanjiran pesanan. Anna bisa meraup omzet Rp5 juta-Rp10 juta per bulan. Dia bahkan sudah menerima reseller untuk memasarkan Mama Bolen.

Kepada TrenAsia.com, Anna bercerita kunci kesuksesan Mama Bolen adalah rasanya yang nikmat karena memakai resep berbeda dari produk serupa yang sudah ada.

“Saya juga bikin sendiri semuanya menggunakan bahan premium. Ini menjadi ciri khas produk Mama Bolen,” kata Anna.

Anna juga mengemas Mama Bolen dengan apik. Ini yang membuat konsumen tertarik dengan produknya. Bukan cuma itu, Anna juga memberikan promo di waktu tertentu bagi pembeli.

Jika ingin menikmati bolen manis legit bikinan Anna, sila mampir ke instagram @mama.bolen. Jangan ketinggalan juga promonya! (SKO)