Kisah Sukses UMKM: Parfurm Martin Signature Collection, Bisnis yang Dirintis oleh Anak Muda Lulusan SMK

20 September 2022 19:01 WIB

Penulis: Octavia Tunggal Dewi

Editor: Ananda Astri Dianka

Martin Signature Collection (Instagram: msc.parfum) (Instagram: msc.parfum)

JAKARTA - Saat ini dapat dengan mudah ditemukan anak muda yan memiliki bisnis mereka sendiri, termasuk Osama yang merintis brand Martin Signature Collection.

Parfum memang menjadi salah satu kebutuhan bagi hampir semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Brand parfum saat ini juga terbilang sangat banyak baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Osama merupakan seorang pemuda laki-laki yang saat ini berusia 20 tahun. Ia lahir pada 22 Mei 2002 dan merupakan lulusan SMK Pariwisata.

Osama merintis bisnis parfurm yang ia beri nama Martin Signature Collection, namun ia membangun bisnis ini tidak sendirian. Sebab, terdapat satu rekan kerja yang merupakan saudaranya sendiri.

Awal mula membuka usaha parfum karena memang suka parfum dan senang mengkoleksi berbagai jenis parfum sehingga pada akhirnya Osama memutuskan untuk membangun bisnis parfurm bersama saudaranya, dimana parfum hasil produksinya diberi nama Martin Signature Collection.

Ternyata di balik nama Martin Signature Collection terdapat sebuah cerita mengapa brand ini dinamakan “Martin”.

Asal usul bisnis parfurmnya diberi nama martin yaitu karena saat Osama kecil ia sering dipanggil oma martin, di mana oma martin merupakan nama dari salah satu penyanyi.

Bisnis parfum Martin Signature Collection dibangun Osama pada bulan Juni tahun 2021. Hingga saat ini bisnisnya tersebut sudah berjalan selama satu tahun lebih.

Aromanya dari parfum Martin Signature Collection ini pun cukup beragam, yaitu terdapat aroma black martin, bacca martin, martin fresh, martin oud, dan lain sebagainya sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan aroma seleranya.

Alasan Osama lebih memilih bisnis di bidang parfum dibandingkan bisnis di bidang lain yaitu karena Osama dari dulu memang suka parfum. Lalu kebetulan saudaranya mengajak Osama untuk membangun bisnis parfurm brand miliknya sendiri bersama.

Omset yang didapatkan Osama dari berjualan parfurm juga tidak menentu. Namun, ia bisa meraup keuntungan mencapai Rp4 juta dalam satu bulan.

Osama memasarkan produknya di iklan Shopee, iklan Tokopedia serta Instagram @Msc.parfum baik melalui post feeds Instagram maupun Story Instagram.

Kisaran harga parfurm nya pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp25 ribu sampai dengan Rp30 ribu per produk. Harga ini tergolong murah untuk harga sebuah parfum.

Cara membelinya untuk saat ini masih melalui online, yaitu sosial media, Tokopedia, Shopee, dan Instagram. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli, Anda dapat belanja secara online melalui Shopee dan Tokopedia MartinSignatureColletion dan Instagram @Msc.parfum.

Keunggulannya yaitu harganya yang murah dan cukup terjangkau tapi tidak perlu diragukan kualitasnya.

Dilihat dari packagingnya saja, botolnya terbuat dari kaca yang membuat parfurm terlihat berkualitas, berkelas, dan seperti parfum mahal lainnya.

Dalam menjalankan usaha tentunya setiap pebisnis memiliki kesulitan-kesulitannya masing-masing, termasuk pula Osama dalam menjalankan bisnis parfumnya.

Osama memiliki kesibukan yang lainnya yaitu bekerja sehingga Osama tidak dapat menjalankan usahanya secara maksimal.

Rencana untuk kedepannya, Osama  dan saudara tersebut ingin memiliki outlet offline. Agar para pembeli dapat mengunjungi langsung outlet offline tersebut dan bertemu dengan para konsumennya secara langsung.

Berita Terkait