Kisah Sukses UMKM: Menggiurkan, Bakso Malang Cak Uman Mampu Raup Laba Rp10 Juta Setiap Bulan

17 Desember 2021 10:10 WIB

Penulis: Mutia Yuantisya

Editor: Sukirno

Kisah Sukses UMKM: Menggiurkan, Bakso Malang Cak Uman Mampu Raup Laba Rp10 Juta Setiap Bulan (Dok. Bakso Malang Cak Uman)

JAKARTA Bakso merupakan salah satu menu olahan daging yang memiliki banyak penggemar. Di Indonesia, bakso menjadi salah satu jajanan favorit yang tak lekang dimakan masa.

Mengingat, bakso merupakan salah satu makanan kegemaran rakyat Indonesia yang dapat disantap kapanpun. Bahkan, makanan berbahan dasar daging sapi ini dapat ditemukan di pinggir jalan hingga di pusat perbelanjaan dengan rentang harga yang beragam.

Seiring berjalannya waktu, bakso pun mengalami transformasi. Banyak pelaku bisnis kuliner yang berinovasi dalam menghadirkan berbagai menu bakso yang tidak biasa.

Hal tersebut dilakukan, tentunya untuk menarik konsumen dan membangun ciri khas dari usahanya. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diangkat kali ini adalah Bakso Malang Cak Uman.

Cinta Bakso dan Mi

Bakso Malang Cak Uman

Fatkhullah Bafaqih mulai membuat usaha Bakso Malang Cak Uman dengan berbekal kecintaannya terhadap bakso dan mi.

Cak Uman mengaku bahwa tekad membangun usaha Bakso Malang berawal dari ketertarikannya terhadap dunia kuliner yang menjadi passion.

“Saya hobi eksplore segala hal tentang kuliner. Bisa dibilang passion, lah,” katanya kepada TrenAsia.com beberapa waktu lalu.

Tidak main-main, Cak Uman pun turut melakukan riset kecil-kecilan kepada masyarakat sekitar untuk mendapatkan alasan tentang mereka yang suka dengan bakso tertentu. 

Setelah proses yang ditempuhnya dan seriring berjalannya waktu, Cak Uman pun siap untuk memulai usaha ini.

Dia mengaku bahwa dirinya memulai usaha Bakso Malang dengan modal Rp75 juta-an yang sudah termasuk biaya membangun gerai seluas 3,5x5 meter.

Untuk membangun gerai, dirinya harus menegluarkan dana sebesar Rp50 juta dan untuk perkakas sekira Rp25 juta.

Untuk mengenalkan dan mengembangkan usahannya, Cak Uman menggunakan strategi pemasaran melalui media, bazar, dan promo diskon.

Variasi Bakso

Bakso Malang Cak Uman

Hal menarik yang membuat bakso Cak Uman berbeda dengan bakso yang lain adalah variasi isi pada semangkuk baksonya seperti bakso urat, bakso halus, bakso telur, bakso goreng, somay, pangsit basah, pangsit kering, tahu bakso, tahu steam, lumpia dan mi.

Pelanggan pun dibebaskan untuk memilih menu sesuai selera dan untuk harga jangan khawatir kantong bolong. Harga semangkuk bakso ditaksir mulai dari Rp20.000 hingga Rp35.000.

Cak Uman mengatakan bahwa dirinya memiliki rencana untuk mengembangkan usahanya dengan menambah dan membuka gerai dengan model makanan food street.

Bahkan, Bakso Malang Cak Uman ini pun menginspirasi pedagang bakso di daerahnya untuk melakukan hal serupa, yaitu menambah variasi isi pada semangkuk baksonya.

Pasalnya, dari usahanya tersebut, Cak Uman mampu meraup laba di atas Rp10 juta setiap bulannya.

Menggiurkan, bukan? Untuk kamu yang penasaran dengan nikmatnya semangkuk bakso hangat dari Cak Uman, bisa langsung cek akun Instagramnya @cak_uman.

Berita Terkait