Kisah Mantan Sopir Jokowi, dari Pisang Rebus hingga Mobil Mogok

26 September 2021 19:34 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Amirudin Zuhri

Suliadi, mantap sopir Presiden Joko Widodo sewaktu menjabat sebagai Walikota Solo. (Tangkapan Layar Instagram/@jokowi.)

JAKARTA - Terlahir dari keluarga sederhana, saat kecil Presiden Joko Widodo tumbuh di lingkungan yang tak ramah anak.

Hidup berpindah-pindah dan pernah memiliki hanya sepetak tanah untuk tempat tinggal, sebelum takdir mengubahnya menjadi orang paling dikenal dan penting di tanah air.

Baru-baru ini, dia membagikan cerita Suliadi, mantan sopirnya ketika menjabat sebagai Walikota Solo, Jawa Tengah selama periode 2005-2012.

Jokowi mengatakan bahwa Suliadi merupakan orang yang paling sabar yang setia menemaninya kemanapun dia pergi, entah siang ataupun malam.

"Semasa jadi Walikota di Solo, sehari-hari saya disopiri oleh Pak Suliadi. Ia seorang pria yang begitu sabar," katanya ketika merilis video tentang kisah mantan sopirnya di akun Instagramnya, Sabtu, 25 September 2021.

"Sekali waktu, saat membawa saya dan istri di malam hari, mobil yang dikemudikannya mogok. Apa yang terjadi kemudian? Inilah cerita Pak Suliadi," imbuhnya.

Dalam video berdurasi 6:19 menit tersebut, Suliadi banyak bercerita tentang pengalamannya selama menjadi sopir orang nomor satu Indonesia tersebut.

Salah satu penggalam kisah tersebut yaitu tentang kebiasaan Jokowi ketika berada di dalam mobil. Menurut dia, Jokowi selalu membawa lagu-lagu metal dan gamelan.

"Bapak Jokowi ini nggak pernah macam-macam di dalam mobil, santai. Biasanya bawa kaset lagu-lagu, apa, Metalica, musik klenengan (gamelan Jawa), seperti itu," katanya dalam video tersebut.

Suliadi juga menceritakan bahwa ada banyak hal yang dipersiapkan jika melakukan perjalanan bersama Jokowi.

Menariknya, persiapan itu bukanlah hal-hal yang besar, melainkan sangat sederhana. Misalnya mempersiapkan bekal perjalanan berupa makanan khas lokal Solo. "Persiapannya roti, pisang rebus, terus kacang rebus," katanya.

Pengalaman Unik di Solo

Video berjudul “Cerita Pak Suliadi, Mantan Sopir pak Jokowi” telah ditonton hampir 1 juta orang. 

Suliadi dalam video tersebut mengungkapkan kisah paling unik selama melayani Jokowi di Solo. Salah satunya adalah ketika Jokowi tertidur dalam mobil ketika suatu waktu pulang dari ibukota Semarang.

"Pulang dari Semarang kan Bapak tidur. Sudah sampai rumah, kok nggak bangun-bangun," kisah Suliadi.

Dia mengaku tidak berani membangunkan Jokowi. Begitu juga ajudan Jokowi.

Akhirnya, mereka harus menunggu hingga Jokowi terbangun. Suliadi mengaku melihat Jokowi sangat lelah melakukan pekerjaan dinasnya di Semarang.

"Sama Pak Jokowi ditanya, 'Memang sudah lama ya, Pak, sampai rumah?'. Saya bilang, 'iya, segitulah, Pak, kira-kira satu jam. Pak Jokowi bertanya, 'kok tidak dibangunkan?'. Saya jawab, 'kayaknya Bapak kelihatan capek sekali'," ungkapnya.

Dia juga mengisahkan pengalaman unik lain yaitu ketika melakukan kunjungan kepada masyarakat terdampak bencana banjir di Solo bersama Iriana Jokowi.

Setelah meninjau lokasi kejadian di Joyotakan, mobil yang mereka tumpangi mogok saat naik tanggul. Suliadi pun meminta Jokowi agar menggantikannya duduk di kursi kemudi, agar dia bisa mendorong mobil.

Namun Jokowi kala itu meminta Suliadi tetap di kursi kemudi, dan dia sendiri yang akan mendorong mobil itu.

"Bapak jawab, 'enggak, Pak, Pak Suli yang di dalam sama Ibu, saya yang mendorong'," katanya Suliadi.

Dia merasa sangat dekat dengan Jokowi, bukan hanya karena jabatan, tetapi karena penghargaan dan kasih sayang diberikan Jokowi dan keluarga kepadanya.

Bukti perhatian Jokowi salah satunya dengan memberikan rumah tinggal yang terletak di Jalan Tirtoyoso kepada Suliadi dan keluarga ketika Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sampai saat ini menjadi Presiden RI.*

Berita Terkait