Kim Jong Un Muncul Setelah Rumor Meninggal, Donald Trump Girang

May 03, 2020, 08:30 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Pimpinan Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea Utara Kim Jong Un muncul di hadapan publik pada Jumat, 1 Mei 2020. / Twitter @LokmanKaradag1

Setelah sempat dikabarkan menghilang bahkan dirumorkan meninggal dunia, Pimpinan Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea Utara Kim Jong Un akhirnya menampakkan diri di hadapan publik.

Seperti dilaporkan oleh Korean Central News Agency (KCNA), pemimpin tersebut tampak hadir dalam acara pembukaan pabrik pupuk dan tengah melakukan pemotongan pita di Pyongyang, Jumat, 1 Mei 2020.

Dalam acara tersebut, Kim memuji sistem produksi pabrik tersebut karena telah berkontribusi dalam perkembangan industri kimia dan makanan di Korea Utara.

Didampingi adik perempuannya Kim Yo Jong, orang-orang diberitakan memberikan sambutan yang meriah terhadap kehadirannya tersebut.

Kemunculan pemimpin tersebut juga memantik respons dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Dalam sebuah cuitan di akun Twitter terverifikasi miliknya @realDonaldTrump, Trump mengaku senang mengetahui kabar tersebut.

“Saya senang melihatnya kembali dan baik-baik saja,” tulis Trump, Minggu, 3 Mei 2020.

Rumor Wafat

Ketidakmunculannya dalam beberapa pekan terakhir telah memunculkan banyak spekulasi dari berbagai pihak. BBC melaporkan, Kim Jong Un terakhir kali muncul di hadapan publik pada 12 April 2020.

Dia dikabarkan sakit kritis akibat menjalani operasi jantung kardiovaskular. Di samping itu, rumor semakin bertambah liar ketika ia absen dari acara penting memperingati hari lahir mendiang kakeknya, Kim II Sung, yang merupakan pendiri Korea Utara.

Spekulasi tersebut kemudian dilaporkan oleh sebuah situs web pembelot di Korea Utara yang diikuti oleh media internasional lainnya.

Tak hanya itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga terkesan menguatkan rumor tersebut dengan mengatakan bahwa para pejabat “belum melihat” keberadaan Kim Jong Un.

Setelah itu, pihak pemerintahan dan sumber-sumber intelijen di China mengonfirmasi pemberitaan tersebut tidak benar.

Sebagai informasi, sebelumnya pada 2014 silam, Kim pernah tidak muncul di hadapan publik dalam waktu sebulan lebih. Namun, setelah itu Kim dikabarkan muncul berjalan kaki dengan tongkat. Intelijen dari pemerintah pun menyatakan bahwa ia baru saja selesai menjalani operasi pergelangan kaki. (SKO)