Kick Off Program Mangrove Blue Carbon di Banten KEHATI dan PT Asahimas Chemical Tanam 14 Hektar Mangrove

23 Desember 2021 16:20 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Panji Asmoro

Siswa SDN 01 Panimbang Jaya saat melakukan penanaman mangrove sekaligus Kick Off Program Mangrove Blue Carbon di kawasan Panimbang Jaya , Pandeglang ,Banten, Rabu 23 Desember 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Setelah menandatangani MoU Program Rehabilitasi Mangrove pada 22 September 2021 di Jakarta, Yayasan KEHATI bersama PT Asahimas Chemical melakukan kegiatan awal kegiatan rehabilitasi Mangrove yang akan dilakukan di Desa Panimbangjaya Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten dan akan dilanjutkan secara bertahap di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang.

Program berdurasi 5 tahun ini bertujuan untuk mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca (carbon pollution) dan mitigasi bencana di Provinsi Banten, dan ikut berkontribusi dalam target nasional penambahan hutan mangrove sebagai langkah mitigasi perubahan iklim.

Sebagai bentuk edukasi, penanaman bibit mangrove diawali dengan kegiatan bersih-bersih pantai terutama sampah plastik yang dilakukan oleh karyawan PT Asahimas Chemical bersama-sama dengan sejumlah siswa SD Panimbang Jaya dan masyarakat sekitar. Para siswa dan masyarakat turut dilibatkan pada kegiatan penanaman bibit mangrove bersama

Program Mangrove Blue Carbon sendiri merupakan konsep program konservasi dan rehabilitasi keanekaragaman hayati yang dirancang untuk mendukung program nasional dari pemerintah pusat yang masuk dalam program prioritas nasional (PPN) RPJMN 2020-2024 melalui pembangunan rendah karbon (PRK). PT Asahimas Chemical berharap program ini dapat merehabilitasi ekosistem mangrove seluas 14 hektar dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Berita Terkait